Langsung ke konten utama

10th Anniversary Of Michelin Guide Hong Kong Macau, City Of Dreams, Macau

Indonesia l Inggris

Michelin Guide Hong Kong & Macau memperingati HUT ke-10nya dengan mengadakan gala dinner yang disebut 'A Night Among the Stars' pada 30 November 2017 di City of Dreams, Macau. Acara utama di sini adalah tentang penghargaan restoran Michelin Star 1, 2 dan 3 di Hong Kong dan Macau. Sementara itu, para tamu akan dihidangkan dengan 7 menu spektakuler yang disiapkan oleh 2 bintang Michelin Chef berbintang tiga, empat berbintang satu dan satu celebrity Chef.
Ada 81 restoran berbintang yang terdaftar di Michelin Guide HK & Macau 2018, 63 di Hong Kong dan 18 di Macau. Ini sudah tiga kali lipat dari edisi pertama Michelin Guide yang telah ada sejak 10 tahun yang lalu. 57 restoran berbintang satu, 16 bintang dua dan 8 bintang tiga.
8 nama baru untuk restoran berbintang 1, seperti Arcane, Imperial Treasure Fine Chinese Cuisine, Kaiseki Den oleh Saotome, Rech, Tate, The Ocean, Yee Tung Heen, Ying Jee Club. Ini akan menjadi hal yang menarik untuk dimasukkan dalam daftar bagi siapa saja yang mengunjungi Hong Kong dengan tujuan wisata kuliner. Sementara untuk pencapaian tertinggi, 3 Michelin Star, masih masuk nama terkenal seperti Bo Innovation, L'Atelier de Joël Robuchon, Lung King Heen, 8 1/2 Otto e Mezzo - Bombana, Sushi Shikon, T'ang Court, Robuchon au Dôme, dan The Eight.
Berbicara tentang acara tersebut, acara dimulai dengan pesta cocktail dan membuat para tamu menikmati beberapa cocktail kopi yang menarik oleh Nespresso seperti Treasures of Tanzania dan The Himalayan Toast. Treasures of Tanzania yang terbuat dari Nespresso Kilimanjaro Peaberry, Passion Fruit, Coffee Liqueur, Vanillin dan Vodka. Ini menghasilkan body medium dengan rasa fruity yang khas. Sedangkan The Himalayan Toast adalah Nespresso Nepal Lamjung dengan Amaretto, Frangelico, jus lemon dan putih telur. Hal itu sangat unik karena penampilannya dengan aroma smoky pada saat disajikan.
Memasuki makan malam dengan 7 menu, dimulai dengan hidangan oleh Chef Monsieur Alain Ducasse, yang memulai karirnya di Le Louis XV di Hôtel de Paris di Monaco, Michelin Restaurant berbintang 3. Saat ini, Chef Ducasse adalah satu dari dua Chef yang memegang bintang Michelin 21 sepanjang karirnya.
Hidangan yang disiapkannya disebut Riviera Reverie, dia mengatakan "itu Gamberoni, Delicate Jelly dan Caviar. Gamberoni mewujudkan cita rasa Riviera, mereka sangat cepat pucat, lalu didinginkan dan dibumbui dengan minyak zaitun, lemon parut, fleur de sel , dan paprika Espelette Kepalanya ditumis untuk menciptakan saus yang kaya di mana ekornya diletakkan, diatapi sesendok kaviar. Hidangannya dilengkapi dengan gelée halus yang terbuat dari sedikit kaldu ikan safron".
Saya pikir ini adalah hidangan starter yang sangat baik dengan banyak teknik, detail memasak, dan memberikan rasa yang kaya namun tetap light pada saat bersamaan. Juga dipasangkan dengan Champagne Mumm Grand Cordon Brut NV.
Hidangan kedua yang bertema adalah Reunion. Ini disiapkan oleh Chef Tam Kwok Fung dari Jade Dragon Restaurant di Macau, yang memiliki 2 Michelin Star. Dia menyiapkan Poached Free Range Chicken in Ginseng Broth, yang memiliki kenangan pribadi. Chef Tam mempelajarinya dari ibunya saat ia sering mengunjungi keluarganya di Guangdong, China selama perayaan Tahun Baru. Tentu saja hal itu terus berkembang selama bertahun-tahun sampai malam ini. Ayam memiliki rasa menakjubkan, dimasak dengan sempurna, dan disajikan dengan ekor ginseng yang menakjubkan.
Hidangan ketiga berasal dari Chef Fabrice Vulin, dua Michelin Star Chef dari The Tasting Room di Macau. Dia menyiapkan Tart Lobster Merah Brittany dengan Semangka dan Yuzu Vinaigrette dengan kenangan akan Perfect Day. Inspirasi datang saat Chef Vulin melakukan perjalanan di Maroko, dan makan semangka bersama lobster biru. Suka dengan kombinasi rasa, ia mulai membuat resep dengan lobster, semangka, kaviar yuzu, yuzu confit dan kaviar yang akhirnya disajikan di sini. Presentasi sangat indah dan rasanya sangat menyegarkan, sama seperti hari yang sempurna di Laut Mediterania.
Dual Heritage, akan menjadi tema untuk hidangan ke-4. Ini dipersiapkan secara khusus oleh Chef Hidemichi Seki dari Tenku Ryugi di Hong Kong, yang mendapatkan kembali dua bintang Michelin-nya. Dia membuat Chuny Mizayaki Wagyu Beef Shabu Shabu, Hokkaido Sea Urchin dan Chinese Supreme Broth Jelly. Hidangan tersebut menggabungkan unsur-unsur Cina dan Jepang, namun juga memadukan bahan-bahan dari daratan dan laut, yang langka dalam masakan Jepang. Presentasi yang menakjubkan, mangkuk kaca dimasukkan ke dalam semacam sarang burung walet, dan bunga yang bisa dimakan di atasnya. Rasa seimbang dari semua bahan itu sempurna, daging sapi Wagyu sangat empuk dan juicy, dan saya kagum dengan sentuhan Wasabi.
3 Michelin Starred Chef lainnya sedang mempersiapkan hidangan ke-5. Ini adalah Chef Kwong Wai Keung dari T'ang Court di Hong Kong, datang dengan Braised South African Abalone with Shiitake Mushroom. Abalone adalah salah satu bahan favorit Chef Kwong, sekaligus salah satu yang paling mahal yang digunakan dalam masakan Cina. Ini secara alami lezat dan di tangannya, rasanya menjadi menakjubkan. Saya suka juiciness dan kelembutannya, dan Chef Kwong menjadikannya menu yang sangat baik untuk Masakan Kanton. Ini sangat cocok dengan tema Ekspresi mewah.
Berasal dari Chicago, Chef Noah Sandoval dari Oriole, dua Michelin Restaurant, menyiapkan hidangan ke-6. Cured and Roasted Racan Pigeon Breast, Bawang Cippolini Chartered, Peppered Smoked Black Pepper dan Blueberry Kering, membuat yang satu ini menjadi menu yang sangat kompleks. Karena itu, tema untuk hidangan tersebut adalah Balancing Act, sementara itu banyak sekali elemen dan keseimbangan rasa manis, asin dan asam menjadi sempurna disini.
Dessert yang cantik dan mempesona bernama Rose Blossom, dibuat oleh Aktor dan Selebriti Hong Kong, Nicholas Tse, atau sekarang dikenal sebagai Chef Nic. Memulai hidangan dimulai dengan pertunjukan panggung yang luar biasa, saat dia bertindak seperti seniman pelukis di depan tamu undangan. Sebagai temanya, Chef Nic menyajikan hidangan ke-7 dengan rose profiteroles, rose water dan lychee jelly dehydrated rose petals dan jintan seed bread sticks. Presentasi seperti karya seni dan cita rasa mawar ada di sana. Ini sangat cocok sekali dipasangkan dengan Jean-Marc Roulot Liqueur, "l'Abricot du Roulot".
Makan malam gala berakhir dengan Petit Fours dan pilihan kopi teh / Nespresso. Itu adalah malam yang menakjubkan dan berkesan. Secara pribadi saya tidak sabar untuk memulai petualangan kuliner saya di Hong Kong & Macau. Bagimu saatnya untuk memulai perjalanan Michelinmu dan aku akan menemuimu di  pertualangan Michelin berikutnya.

10th Anniversary Of Michelin Guide
Hong Kong Macau,
City Of Dreams, Estr. Do Istmo, Macau
Tel: -

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Macau Wajib Dicoba, Macau

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Mengunjungi kota Macau merupakan salah satu aktifitas favorit yang sering dilakukan ketika orang-orrang berlibur ke Hong Kong. Kota ini terkenal dengan artsitektur klasik bergaya Portugis memberikan kesan yang menarik dan menjadi destinasi foto yang ramai sekali. Selain itu kota ini juga dipenuhi dengan kasino dan hotel yang besar dan gemerlap. Tentu saja akan sayang dilewatkan wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas Macau yang otentik. Berikut 5 jenis makanan yang patut kamu coba jika berkunjung kesini. Sedikit cita rasa yang berbeda bisa menjadi referensi travel kamu selama disini.
1. Yee Shun Milk Company Sebenarnya kita bisa menemukan kuliner ini di Hong Kong, namun tidak kalah, Yee Shun Milk Company ini juga menjadi bintang di kota Macau. Spesialis dengan puding susu yang klasik. Sedikit berbeda dengan yang kucoba di salah satu restoran Hong Kong, dimana teksturnya lebih cair, sedangkan disini memiliki tekstur yang lebih padat dan tid…

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

Omija Cafe, Karawaci

Tersedia dalam bahasa Inggris: http://www.foodioz.com/2017/02/omija-supermall-karawaci.html

Makanan Korea tentunya sudah familiar untuk sebagian orang di Jakarta. Umumnya makanan khas ini berhubungan dengan pedas, tapi perlu kita tahu bahwa di Korea sana sekarang ini sudah banyak makanan-makanan khas Korea yang dipadu dengan gaya modern. Disini kita bisa mencoba Omija Cafe yang letaknya di Supermall Karawaci dengan konsep kafe modern tapi menawarkan makanan khas Korea fusion dan buat pecinta kopi wajib banget untuk mengunjungi kafe ini.