Langsung ke konten utama

Iron Chef Feast, Union, Plaza Senayan, Jakarta Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Moment yang cukup menggembirakan ketika sebuah acara TV lomba memasak yang saat ini cukup trending di Indonesia yaitu Iron chef Indonesia mengadakan acara makan malam terbuka untuk publik. Acara lomba memasak yang cukup sengit di antara chef profesional dari berbagai restoran dan hotel bebintang di Indonesia. 3 Iron Chef ternama yang berperan disini antaranya, Chef Sezai Zorlu yang merupakan spesialis ottoman cuisine, lalu Chef Adhika Maxi dari Union Jakarta dan Chef Chris Salans yang merupakan pemilik dari restoran Mozaic di Bali.
Event kali ini bertempat di Union Jakarta yang tentu sudah cukup terkenal bagi masyarakat Jakarta. Restoran dengan konsep European dining dengan interior yang klasik, french country dengan dominan warna gelap yang memberikan sentuhan elegan. Ruang yang cukup luas dan menghadap ke bagian outdoor memberikan suasana yang cukup berbeda.
Di acara ini tersedia beberapa cooking station yang akan dipakai para Iron Chef untuk live cooking. Di saat makan malam, terlihat begitu ramai pengunjung dan antusias menggung para Iron Chef ini beraksi. Setiap Iron Chef akan menyajikan masing-masing satu menu yang berbeda. Dimulai dari menu pertama yang dihadirkan oleh Chef Chris Salans yaitu Pan-Seared Foie Gras dengan Belimbing Wuluh dan Sweet & Sour Broth. Penyajian yang menggoda dengan tatanan yang cantik, aroma foie gras yang harum memiliki tekstur yang meleleh dipadu dengan rasa belimbing wuluh yang segar serta kuah yang asam meningkatkan nafsu makan.
Menu kedua dipersembahkan oleh Chef Adhika Maxi, Coconut Crusted Filet Mignon dengan coconut Rice dan Coconut Supreme Chili. Tidak kalah cantiknya, kombinasi elemen dan warna yang berpadu dengan indah. Irisan filet mignon yang berwarna merah cerah, tekstur yang empuk dan gurih, disajikan dengan nasi gurih berwarna hijau dan parutan kelapa di atasnya.
Hidangan yang tidak kalah menarik, disajikan oleh Chef Sezai Zorlu yaitu Sultan Lamb Shank dengan Salt Crust, Pine Nuts, Almond Exsotik Rice dan lemon dry chili sauce. Sajian lamb shank besar dengan cara olah yang unik, potongan daging yang empuk dan tidak berbau ini sangat lezat dinikmati bersama dengan nasi ala Turki dengan bumbu dan rempah yang kuat serta dengan saus yang disajikan terpisah. Setiap elemen menghasilkan kombinasi yang sempurna ketika disantap bersamaan.
Acara makan malam tentu akan sempurna ketika diakhiri dengan dessert yang manis dan segar. Spesialis cake yang cukup terkenal di Jakarta, Chef Karen Carlotta juga menghadirkan menu pastrynya yaitu Es Kelapa Muda & Kopyor Cake. Dari namanya tentu sudah jelas bahan utama dari kue ini adalah kelapa, kue dengan warna yang cantik dan layer yang begitu menggoda. Rasa kelapa yang berperan memberikan cita rasa yang segar. Sponge cake yang lembut layaknya kue klasik dan tidak terlalu manis.
Acara malam ini cukup ramai oleh pengunjung, saya sangat puas dengan hidangan yang disajikan dan ditemani dengan pelayanan yang ramah serta cepat tanggap. Pengalaman dinner kali ini tentu sangat berkesan dimana para Iron Chef menyajikan makanan yang menakjubkan. Sebagai chef yang profesional sebutan Iron Chef sangat pantas sekali bagi mereka. Selain cita rasa tentu didukung dengan presentasi yang cantik dan detail.

Union Brasserie, Bakery & Bar,
Plaza Senayan, Lantai Ground, Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta
Tel: +6221 5790 5861

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

The Chinese Indian Appetite

Bahasa l English Kisah unik kali ini ketika aku berkunjung ke sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Golden Joy ini merupakan sebuah restoran keluarga dengan konsep Chinese Indian. Well, tidak disangka sang pemilik dari restoran ini ternyata berasal dari India namun keturunan Tiongkok. Terlihat wajah Asia oriental namun bisa berbahasa India dengan lancar. Interior restoran dengan oriental dan sentuhan warna merah atau gold yang identik dengan budaya Chinese. Kapasitas restoran cukup besar dari ruang indoor dengan meja bundar, area outdoor dan 2 ruang VIP. Tentunya ini restoran yang rekomendasi sekali untuk merayakan acara. Sesuai konsep, Golden Joy menawarkan aneka hidangan Chinese yang sebenarnya cukup familiar. Namun jika diperhatikan banyak hidangan yang menggunakan rempah dan bumbu khas India. Salah satu menu highlight seperti Manchurian Gobi. Jadi ini merupakan hidangan vegetarian ala India. Menggunakan kembang kol yang dimasak dengan rempah dan bumbu seperti bawang, jahe, k