Langsung ke konten utama

10 Spot Kuliner Makassar, Sulawesi Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Berlibur ke kota Makassar untuk beberapa hari akan menyenangkan jika dihabiskan untuk berwisata kuliner. Kota terbesar di Indonesia Timur ini merupakan kota yang cukup berkembang dengan insfrastruktur yang cukup baik. Perjalananku kali ini cukup singkat apalagi jika ingin berwisata ke Tanjung Bira atau Tana Toarja yang membutuhkan waktu yang panjang untuk tiba disana. Sehingga kali ini aku hanya memutari area kota Makassar yang terdapat segudang spot kuliner yang menarik berikut:
1. RM Florida
Rumah makan Chinese ini cukup terkenal bagi masyarakat lokal di Makassar. Dengan spesialis makanan Chinese klasik seperti nasi goreng, nasi capcay atau aneka hidangan mie. Tentunya Nasi Goreng Merah menjadi makanan wajib yang dicoba ketika berkunjung ke kota ini. Pada dasarnya teknik masaknya sama seperti nasi goreng biasa, namun hal yang unik menggunakan saus tomat sehingga menghasilkan warna merah yang pekat. Rasa yang gurih dengan aroma yang khas membuat nasi goreng merah ini lezat. Selain itu porsi yang disajikan cukup besar untuk satu orang. 
Lalu kita juga bisa menikmati Mie Kwantong yang juga makanan khas rumah makan ini. Mie keriting yang dimasak dengan saus yang kental lalu disajikan bersama dengan seafood yang banyak dan sayuran hijau. Rasa gurih dan saus yang pekat membuat hidangan mie ini sangat sedap. Untuk menambah rasa, bisa menggunakan saus cabe dan jeruk nipis yang disediakan terpisah.

2. RM Bravo
Sesuai rekomendasi, rumah makan ini juga patut dikunjungi untuk mencicipi dessert khas Makassar yaitu es pisang ijo. Tempat yang sederhana dan udara yang cukup panas akan hilang sekejap dengan nikmat dinginnya es pisang ijo, potongan pisang di dalam balutan tepung hijau yang cukup tebal lalu disajikan dengan es yang dingin. Rasa manis pisang dengan lapisan tepung hijau yang lembut dan agak kenyal sangat cocok dinikmati di cuaca yang panas. Selain itu kita juga bisa menikmati cemilan sore jalangkote dengan ukuran yang besar, tekstur yang garing dan gurih selagi hangat.

3.Coto Nusantara
Mungkin  hampir sebagian besar orang Indonesia tahu akan makanan yang ini. Hidangan khas Makassar yang sudah melegenda dari zaman dulu hingga sekarang. Coto Nusantara sangat populer di kota ini dan terdapat beberapa cabang. Rumah makan ini sangat ramai sekali bahkan dari pagi hari terlihat suasanya yang ramai dan sibuk. Coto Makassar dengan penyajian mangkok kecil berisi daging sapi dengan kuah yang berwarna gelap pekat mengandung kacang dan rempah-rempah. Menurutku daging di kota Makassar memiliki tekstur yang lebih keras dibanding biasanya, kita juga disajikan ketupat, jeruk nipis dan sambal untuk menambah rasa lebih gurih.
4. Muda Mudi
Pilihan lainnya untuk menikmati pisang ijo bisa di rumah makan ini. Muda Mudi merupaka spot yang terkenal bagi masyarakat Makassar. Sangat mudah untuk kesini dimana semua driver taxi mengetahuinya. Sore hari terlihat pengunjung yang ramai. Kita bisa menikmati aneka gorengan seperti jalangkote, risol dan kroket dengan saus cuka yang cukup pedas. Selain itu ada Es Pisang Ijo yang khas, esnya lebih sedikit namun lebih halus, ukuran pisang yang cukup besar dengan tekstur balutan tepung yang agak padat.

5. Sop Saudara
Selain Coto, Makassar memang populer dengan hidangan sop daging yang khas. Similar dengan coto Makassar, penyajian di mangkok yang kecil, sup dengan warna gelap pekat berisi daging sapi atau kerbau lalu perkedel dan mie putih. Dagingnya empuk, rasa sup yang gurih dan tersedia sambal yang pedas. Hidangan ini sangat cocok sekali dinikmati bersama dengan nasi putih hangat.
6. RM Nelayan
Sayang dilewatkan jika berkunjung ke kota Makassar dengan hasil laut yang melimpah. RM Nelayan menawarkan aneka hidangan seafood segar dengam sambal petis yang gurih. Salah satu menu yang wajib dicoba yaitu ikan kudu kudu yang hanya ada di Makassar. Ikan ini bisa disajikan dengan goreng atau bakar. Penampilan ikan yang cukup mengerikan, dengan sisik yang keras dan motif totol memiliki daging putih yang empuk seperti daging ayam. Atau bisa menikmati udang sito dengan ukuran yang cukup besar memiliki daging yang manis dan empuk.

7. Pangsit Mie Palu
Selain seafood, makanan yang wajib dicoba yaitu pangsit mie. Banyak tersedia rumah makan yang menyajikan makanan ala Chinese ini, namun hanya beberapa yang terkenal meluas hingga ke penjuru Indonesia. Salah satunya Pangsit Mie Palu, terlihat suasana yang ramai dan hampir penuh oleh pengunjung. Mie dengan aneka daging, ayam, babi merah, dan babi tore. Lalu tentu ada pangsit goreng isi daging, rasa yang cukup gurih namun jika kurang bisa ditambahkan kecap asin atau manis.
8. Aan Ping Lao
Pilihan lainnya untuk menikmati pangsit mie, yaitu Aan Ping Lao. Rumah makan yang sudah beroperasi lama dengan nama yang dikenal hampir seluruh masyarakat Makassar. Disarankan untuk mengunjungi outlet ini lebih awal dikarenakan pada saat jam setelah makan selalu habis terjual. Sama dengan pangsit mie lainnya, semangkuk mie dengan potongan daging babi merah, babi pangga dan suwiran ayam. Lalu terdapat pangsit rebus dan goreng. Bentuk mie yang tebal dengan tesktur yang lembut serta rasa yang gurih sangat nikmat sekali. Selain mie, kita juga bisa menikmati bubur ayam atau bubur daging babi.

9. Ati Raja
Tidak tahu jelas mengapa rumah makan ini dinamai salah satu lagu daerah Sulawesi Selatan, Ati Raja. Dengan spesialis menu bakso khas Makassar yang sangat populer disini. Semangkuk bakso terdiri dari bakso kasar dan halur, lalu lengkap dengan bakso goreng. Rasa kuah yang gurih dan tidak berminyak membuat hidangan ini sedap sekali. Namun menurutku tidak ada perbedaan yang significant dengan bakso daging pada umumnya, hanya saja memang bakso di Ati Raja ini memiliki kandungan daging yang padat dibanding tepungnya.
10. Phoenam
Tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi warung kopi di kota Makassar. Phoenam merupakan warung kopi yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun dengan konsep yang sederhana dan klasik. Menu yang ditawarkan juga sesuai dengan konsepnya seperti kopi hitam, kopi susu ataupun kopi telur. Selain kopi, kita juga bisa menikmati cemilan sore, roti bakar dengan selai srikaya yang manis.
Perjalanan kali ini cukup kenyang dengan aneka kuliner kota Makassar yang khas. Walaupun ada beberapa destinasi yang tutup dalam rangka libur Idul Adha, namun aku terpuaskan di liburan kali ini. Hotel yang terjangkau seperti Ibis Losari dan Ibis Styles Ratulangi bisa menjadi pilihan dengan standar kamar yang terjangkau dan lokasi yang dekat dengan pusat kota.

Komentar

  1. terima kasih atas informasinya, bisa juga mampir ke artikel mengenai pinjaman cepat jika berkenan. terima kasih banyak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

The Chinese Indian Appetite

Bahasa l English Kisah unik kali ini ketika aku berkunjung ke sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Golden Joy ini merupakan sebuah restoran keluarga dengan konsep Chinese Indian. Well, tidak disangka sang pemilik dari restoran ini ternyata berasal dari India namun keturunan Tiongkok. Terlihat wajah Asia oriental namun bisa berbahasa India dengan lancar. Interior restoran dengan oriental dan sentuhan warna merah atau gold yang identik dengan budaya Chinese. Kapasitas restoran cukup besar dari ruang indoor dengan meja bundar, area outdoor dan 2 ruang VIP. Tentunya ini restoran yang rekomendasi sekali untuk merayakan acara. Sesuai konsep, Golden Joy menawarkan aneka hidangan Chinese yang sebenarnya cukup familiar. Namun jika diperhatikan banyak hidangan yang menggunakan rempah dan bumbu khas India. Salah satu menu highlight seperti Manchurian Gobi. Jadi ini merupakan hidangan vegetarian ala India. Menggunakan kembang kol yang dimasak dengan rempah dan bumbu seperti bawang, jahe, k