Langsung ke konten utama

Harum Manis, The Pavilion, Jakarta Pusat

Bahasa l Inggris

Hi foodiozer! buat kamu penggemar makanan Indonesia, tentu sangat mudah untuk menemukan restoran kuliner nusantara dengan konsep yang menarik, klasik dan tentu enak di Jakarta. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah restoran Indonesia yang tidak asing lagi yaitu Harum Manis yang terletak di kawasan Jakarta Pusat.
Harum Manis sudah beroperasi cukup lama kurang lebih 10 tahun di Jakarta. Konsep Indonesia klasik begitu jelas terlihat dari sisi interior di keseluruhan restoran. Ornamen Jawa yang begitu kuat dialuni dengan music tradisional membauat Harum Manis terasa seperti restoran lokal yang eksklusif. Kunjungan di waktu makan malam memang membutuhan usaha untuk mengambil foto dimana lampu yang remang sehingga agak gelap.
Menu yang ditawarkan dominan dengan menu khas Jawa Tengah, namun tidak ketinggalan menu Nusantara lainnya pun bisa dinikmati disini. Salah satu menu yang patut dicoba yaitu Sate 1 Meter. Dari namanya tentu orang Indonesia tidak asing lagi dengan sate, tetapi Harum Manis menyajikan sate dengan presentasi yang mengagumkan yaitu susunan aneka sate di bambu dengan ukuran 1 meter.
Dimulai dari sate ayam dengan aneka bumbu yang berbeda hingga sate kambing dan wagyu premium. Menu ini akan cocok sekali dinikmati beberapa orang dari 3 hingga 4 orang. Selain sate, Ikan Bakar Sakura Saos Dabu Dabu juga menjadi menu yang sayang untuk dilewatkan. Ikan bawal dengan ukuran yang besar dipadu dengan saos dabu dabu khas yang segar dan pedas.
Ada pula menu andalan Harum Manis yaitu Ayam Panggang Spesial Harum Manis. 1 ekor ayam yang dipotong-potong diolah dengan bumbu spesial, disajikan dengan nasi uduk dan jagung, lalu lengkap dengan urap, sambal jagung yang merah pekat namun tidak pedas, serta keripik kentang yang memadukan rasa manis dan pedas yang nikmat.
Setiap bulannya Harum Manis juga menyediakan menu spesial yang berbeda. Di bulan April ini aku berkesempatan mencicipi Sop Kambing Labu Parang, presentasi yang mengagumkan, aroma yang harum dan cita rasa Indonesia yang otentik. Menu ini tentu sangat cocok sekali untuk orang Indonesia apalagi dinikmati bersama dengan nasi hangat.
Selain makanan, Harum Manis juga menyajikan cocktail gaya Indonesia yang menarik. Salah satu signaturenya yaitu Jamu Gendong, campuran dari whisky, calamansi juice, beras kencur dan soda water mengahasilkan rasa yang super segar dan asam yang pas. Minuman cocktail ini akan cocok sekali dinikmati ketika siang hari yang panas.
Lalu ada pula terinspirasi dari Bali yaitu Pulau Dewata, cocktail dengan campuran arak bali, dark rum, coconut, banana syrup dan calamansi juice memberikan kesegaran yang berbeda. Rasa fruity yang menarik memberikan sensasi menyenangkan dan tidak terlalu kuat cita rasanya.
Harga yang ditawarkan tergolong cukup tinggi mengingat Harum Manis merupakan salah satu restoran khas Indonesia dengan pengalaman makan yang mewah dan elegan. Dengan kualitas makanan dari bahan premium, presentasi dan porsi penyajian yang besar ditambah pelayanan ramah selayaknya restoran berkelas.

Harum Manis Indonesian Restaurant,
Pavilion Apartment, Jl. KH Mas Mansyur, Kav 24, Karet Tengsin, Jakarta Pusat,
Tel: +6221 5794 1727

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

The Chinese Indian Appetite

Bahasa l English Kisah unik kali ini ketika aku berkunjung ke sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Golden Joy ini merupakan sebuah restoran keluarga dengan konsep Chinese Indian. Well, tidak disangka sang pemilik dari restoran ini ternyata berasal dari India namun keturunan Tiongkok. Terlihat wajah Asia oriental namun bisa berbahasa India dengan lancar. Interior restoran dengan oriental dan sentuhan warna merah atau gold yang identik dengan budaya Chinese. Kapasitas restoran cukup besar dari ruang indoor dengan meja bundar, area outdoor dan 2 ruang VIP. Tentunya ini restoran yang rekomendasi sekali untuk merayakan acara. Sesuai konsep, Golden Joy menawarkan aneka hidangan Chinese yang sebenarnya cukup familiar. Namun jika diperhatikan banyak hidangan yang menggunakan rempah dan bumbu khas India. Salah satu menu highlight seperti Manchurian Gobi. Jadi ini merupakan hidangan vegetarian ala India. Menggunakan kembang kol yang dimasak dengan rempah dan bumbu seperti bawang, jahe, k