Langsung ke konten utama

Beervana Welcomes Beer Party, SCBD, Jakarta Selatan

Bahasa l Inggris

Bir adalah salah satu minuman beralkohol yang paling terkenal dan dikonsumsi di dunia, dan dapat dianggap sebagai minuman paling populer bersama dengan teh dan kopi. Saya merasa terhormat berkesempatan mengikuti Nibble App sebagai bagian dari Beervana Welcomes Beer Party. Beervana, sebagai Importir dan Distributor Bir, mengenalkan dan meluncurkan Deschutes Beer, Bir Oregon Pertama di Indonesia.
Berbicara tentang Deschutes, ini adalah perusahaan Beer Brewery yang didirikan pada tahun 1988 di Bend, Oregon. Selama awal berdirinya, perusahaan ini memulai sebagai Pub Bir. Saat ini menjadi pabrik pembuatan bir terbesar ke-8 di Amerika Serikat, dengan dua fasilitas pembuatan bir yang berada di Oregon, Bend and Portland. Mereka bisa menghasilkan lebih dari 29 juta liter per tahun.
Acara itu sendiri diselenggarakan di Tori-Ya, Japanese Restaurant yang berada di area Fairgrounds SCBD. Desain restoran dan suasananya sangat nyaman dilihat. Kelihatannya seperti gaya tradisional Jepang, dengan pintu geser, penuh dengan interior kayu, dan banyaksususnan sake diatur di rak gantung.
Meski Deschutes Brewery punya banyak produk Beer, hanya ada 3 varian yang akan diluncurkan di Indonesia. Terdiri dari Mirror Pond Pale Ale, Fresh Squeezed IPA dan Black Butte Porter. Ketiga bir ini diperkenalkan saat Beer Class yang diadakan di acara tersebut. Setiap peserta diberi pengantar singkat tentang profil Deschutes, bagaimana rasanya dari bir ini.
Berbeda dari lokal bir Indonesia yang merupakan Lager Beer, Mirror Pond dan Fresh Squeezed merupakan Ale Beer. Mirror Pond Pale Ale memiliki aroma bunga dan buah. Secara pribadi aku bisa merasakan aroma seperti buah leci, yang terbuat dari lokal hops cascade utuh dengan rasa dasar karamel. Ini merupakan hop pale ale tunggal dengan 5% volume alkohol dan 40 IBU (International Bitterness Unit). Bir ini juga memenangkan beberapa penghargaan sejak tahun 1990 sampai 2017.
Fresh Squeezed IPA, yang merupakan kependekan dari India Pale Ale, memiliki aroma bunga dan buah. Berbeda dengan mirror pond yang hanya menggunakan hop tunggal, fresh squeezed dibuat dari hop jenis mozaic dan citra. Oleh Karena itu, kita bisa merasakan dan mencium aroma seperti buah jeruk keprok dan jeruk bali. Bir ini memiliki kada volume alkohol lebih tinggi dari Mirror POnd yaitu sebesar 6.4% dan rasa yang lebih pahit sebesar 64 IBU.
Yang terakhir, Black Butte merupakan Porter Beer. Dari warnanya dapat terlihat menyerupai stout beer tapi lebih terang warnanya. Bir ini menawarkan cita rasa krim cokelat yang pekat. Secara pribadi, aku dapat merasakan aroma kopi di rasa akhir namun tidak terlalu dominan. Hal ini tercermin dari level IBU-nya yang hanya sebesar 30 yang paling rendah di antara lainnya dan 5.2% kadar volume alkohol yang juga cukup rendah. Bir ini juga memenangkan beberapa penghargaan sejak tahun 1996 sampai 2016 dan salah satu favoritku.

Beervana,
http://beervana.asia/id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

The Chinese Indian Appetite

Bahasa l English Kisah unik kali ini ketika aku berkunjung ke sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Golden Joy ini merupakan sebuah restoran keluarga dengan konsep Chinese Indian. Well, tidak disangka sang pemilik dari restoran ini ternyata berasal dari India namun keturunan Tiongkok. Terlihat wajah Asia oriental namun bisa berbahasa India dengan lancar. Interior restoran dengan oriental dan sentuhan warna merah atau gold yang identik dengan budaya Chinese. Kapasitas restoran cukup besar dari ruang indoor dengan meja bundar, area outdoor dan 2 ruang VIP. Tentunya ini restoran yang rekomendasi sekali untuk merayakan acara. Sesuai konsep, Golden Joy menawarkan aneka hidangan Chinese yang sebenarnya cukup familiar. Namun jika diperhatikan banyak hidangan yang menggunakan rempah dan bumbu khas India. Salah satu menu highlight seperti Manchurian Gobi. Jadi ini merupakan hidangan vegetarian ala India. Menggunakan kembang kol yang dimasak dengan rempah dan bumbu seperti bawang, jahe, k