Langsung ke konten utama

Tamarind, Luang Prabang, Laos

Bahasa l Inggris

Mengunjungi Luang Prabang tentu yang menjadi destinasi utamaku adalah mencicipi aneka makanan lokal Lao yang unik. Sesuai dengan beberapa rekomendasi dari artikel online dan juga resepsionis hotel terdapat beberapa nama rumah makan khas Lao yang terkenal di kota ini. Salah satunya Tamarind, rumah makan lokal yang sudah beroperasi cukup lama dan menjadi destinasi populer turis mancanegara.
Sesuai dengan artikel sebelumnya aku pernah mengatakan bahwa tidak susah bagi kita untuk jalan-jalan di Luang Prabang menggunakan sepeda. Akses yang dekat hampir mengjangkau sudut pusat kota Luang Prabang. Termasuk Tamarind, aku hanya membutuhkan sekitar 5-10 menit untuk tiba disini dari hotel Burasari Heritage.
Sebelum kesini ada baiknya jika kamu melakukan reservasi terlebih dahulu. Selain tempatnya tidak terlalu besar dan akan sangat ramai sekali pengunjung apalagi pada saat jam makan siang. Rumah makan sederhana dengan area yang tidak terlalu besar, terdapat indoor dan bagian teras yang menghadap ke Nam Khan River.
Menu yang ditawarkan terdiri dari aneka makanan khas Lao yang otentik dan unik. Cukup banyak pilihan dari sayuran hingga daging dan ikan, sesuai rekomendasi dari staff hotel, menu yang wajib dicoba disini yaitu Luang Prabang Tasting Platter. Set menu dengan berbagai hidangan khas Laos yang disajikan dalam satu paket bersamaan.
Ada sayuran, sambal khas Laos, Sup daging ayam, terong, cabai & sayuran, sosis daging babi dan sayuran rebus. Presentasi yang cukup menarik, aneka makanan lokal tradisional yang disajikan untuk turis internasional. Setiap bahan makanan menghasilkan cita rasa yang berbeda. Sup dengan aroma rempah yang khas dan cukup dominan, mungkin ada beberapa orang tidak akan suka dengan hidangan ini. Sosis daging babi dengan tekstur yang padat dan rasa yang gurih lezat sekali dan sambal merah dengan aroma terasi memiliki rasa yang sungguh pedas.
Semua elemen disini akan dinikmati bersama dengan sticky rice atau nasi ketan yang disediakan di dalam tempayan bambu kecil. Tidak seperti sticky rice yang biasa kita temukan di rice Thailand dengan rasa yang manis. Disini sticky rice tanpa bumbu sama sekali selayaknya nasi putih.
Selain menu gurih, tentu disini kita juga bisa menikmati dessert khas Laos. Sekali lagi mereka menyajikan dessert tradisional dengan presentasi yang lebih modern dan memukau. Hanya saja untuk keseluruhan rasa yang ditawarkan semuanya dominan manis dan sangat familiar sekali dengan jajanan pasar di Indonesia. Yang menarik yaitu buah labu yang diolah dengan tekstur yang lembut dan manis lalu disajikan dengan puding di tengahnya. Untuk harga 35.000 KIP atau sekitar Rp 60.000, aku merasa kurang worth it, banyak pilihan dessert lokal di negara lain yang memiliki rasa lebih istimewa dan unik.
Jangan lupa untuk mencoba Lao's Coffee. Kopi khas Laos yang merupakan salah satu pilihan oleh-oleh ketika berlibur disini. Warna cokelat yang pekat dengan layer, rasa kopi yang cukup dominan dengan gula aren yang manis. Enak sekali dinikmati hangat maupun dingin.
Untuk cita rasa menu utama cukup memuaskan. Setiap elemen yang disajikan memiliki cita rasa yang berbeda. Namun untuk dessert mungkin bisa dicoba untuk menghilangkan rasa penasaran, namun sekali lagi kukatakan bahwa rasa yang dihasilkan selayaknya jajanan pasar lokal di Indonesia. Untuk harga tergolong standar. Mengingat Tamarind merupakan salah satu destinasi wisata para turis asing ketika berlibur di Luang Prabang, tentunya mereka juga menetapkan harga sesuai standarnya.

Tamarind,
Kingkitsarath Road, Luang Prabang, Laos
Tel: +856 71 213 128 

Komentar

  1. assalamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com atau KLIK DISINI semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih Kh. Ahmad Danan saya tidak akan melupakan jasa aki.Call/Wa 62822-9128-6336

    jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI












































    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Macau Wajib Dicoba, Macau

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Mengunjungi kota Macau merupakan salah satu aktifitas favorit yang sering dilakukan ketika orang-orrang berlibur ke Hong Kong. Kota ini terkenal dengan artsitektur klasik bergaya Portugis memberikan kesan yang menarik dan menjadi destinasi foto yang ramai sekali. Selain itu kota ini juga dipenuhi dengan kasino dan hotel yang besar dan gemerlap. Tentu saja akan sayang dilewatkan wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas Macau yang otentik. Berikut 5 jenis makanan yang patut kamu coba jika berkunjung kesini. Sedikit cita rasa yang berbeda bisa menjadi referensi travel kamu selama disini.
1. Yee Shun Milk Company Sebenarnya kita bisa menemukan kuliner ini di Hong Kong, namun tidak kalah, Yee Shun Milk Company ini juga menjadi bintang di kota Macau. Spesialis dengan puding susu yang klasik. Sedikit berbeda dengan yang kucoba di salah satu restoran Hong Kong, dimana teksturnya lebih cair, sedangkan disini memiliki tekstur yang lebih padat dan tid…

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

Omija Cafe, Karawaci

Tersedia dalam bahasa Inggris: http://www.foodioz.com/2017/02/omija-supermall-karawaci.html

Makanan Korea tentunya sudah familiar untuk sebagian orang di Jakarta. Umumnya makanan khas ini berhubungan dengan pedas, tapi perlu kita tahu bahwa di Korea sana sekarang ini sudah banyak makanan-makanan khas Korea yang dipadu dengan gaya modern. Disini kita bisa mencoba Omija Cafe yang letaknya di Supermall Karawaci dengan konsep kafe modern tapi menawarkan makanan khas Korea fusion dan buat pecinta kopi wajib banget untuk mengunjungi kafe ini.