Langsung ke konten utama

October 2019

Bahasa l English

Di bulan Oktober ini menjadi moment dimana banyak penyelenggara event melangsungkan acara sebelum menyambut moment halloween dan Natal di penghujung tahun. Disini aku mau menghadirkan konsep blog baru dimana aku akan update dengan artikel berisi event yang aku hadiri dan update produk terbaru di restoran-restoran. Update ini akan berkala seiringnya waktu berjalan, setiap minggunya aku akan menyuguhkan informasi baru sehingga kalian bisa mendapatkan infonya lebih up to date.

1. Le Meridien Coffee Week

Tidak dipungkiri moment memberikan cerita yang menarik bagi pecinta kopi. Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Di tanggal 1 Oktober 2019, aku mampir ke hotel Le Meridien Jakarta menikmati secangkir kopi sambil menyantap beberapa cemilan dan ngobrol santai. Le Rendevouz yang merupaka lobby lounge ini memang nyaman dengan suasana open yang tenang. Kalau sore-sore cukup ramai nih oleh orang-orang perkantoran.

2. Gala Dinner opening JCF 2019

Di pembukaan Jakarta Culinary Feastival disambut dengan gala dinner di SKYE Jakarta dengan kolaborasi 4 chefs dari Indonesia, Singapura da Filipina. Aneka hidangan elegan dengan teknik yang handal disajikan bersama dengan minuman pilihan dari Martell Indonesia.

3. OctoberFest Bunk Lobby, Pullman CP

Kalau membicarakan Oktober identik dengan OctoberFest, festival khas Jerman ini memang memberikan inspirasi bagi Jakarta community. Di bulan ini Bunk Lobby menghadirkan sensasi menikmati bir khas Jerman berserta dengan makanan khas sepeti pretzel, sosis dan masih banyak lainnya.

4. Jakarta Culinary Feastival 2019

Event kuliner tahunan ini selalu menjadi yang ditunggu-tunggu, diadakan dari tanggal 3-6 Oktober 2019, menghadirkan aneka tenant baik lokal maupun internasional. Dilengkapi dengan Go-Food festival yang ikut meramaikan dengan aneka jajanan lokal yang terkenal dan terjangkau.

5. Bae by Society

Restoran khas Western modern ini selalu menghadirkan Crab Night setiap tahunnya. Menikmati kepiting memang terdengar biasa tapi bagaimana kalau menyantap kepiting di restoran berkelas, cukup unik bukan?!

6. Lyon & MO Bar Invasion
Event khusus dimana seorang chef dari restoran Michelin Star di Singapura datang ke Lyon, Mandarin Oriental Jakarta. Chef Ivan Brehm dari Nouri di Singapura menyajikan set menu elegan dengan inspirasi masakan Latin, Prancis, Asia sehingga menghasilkan aneka hidangan yang modern dan lezat. Didampingi cocktail dari seorang mixologist dari Hong Kong, Ajit Gurung dari Stockton Bar yang masuk ke dalam daftar Asia's 50 Best Bar 2019.

7. Apero, Intitut Française Indonesia

Workshop kuliner bersama seorang chef Prancis, Simon Boudain yang aktif menjadi chef-owner di Apero, Bandung. Berlangsung ke IFI Jakarta kami mempelajari teknik simple mengolah hidangan khas Prancis dengan tema apero yang berarti menikmati makanan kecil sambil minum, saling ngobrol menikmati waktu bersama. Ditemani Debryna, seorang dokter yang memiliki passion tinggi terhadap roti baik dari bahan higga mengolah roti yang baik dan benar.

8. Roti O, Kota Kasablanka
Pembukaan cabang Roti O ke 391 di mall Kota Kasablanka, di hari pembukaan bahkan mereka menghadirkan promo Buy 1 Get 1. Specialis roti kopi ini memang populer dan menjadi salah satu roti kegemaran Jakarta community.

9. 3rd Anniversary Flow Jakarta
Tidak terasa salah satu lounge favoritku menginjak usia 3 tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya acara ini diramaikan oleh berbagai DJ populer, free flow minuman untuk VIP dan tentunya booth photo yang apik.

10. Milano Pizza Newest Flavor

Varian terbaru di bulan ini Primo BBQ, potongan pizza dengan irisan pepperoni, daging cincang dan keju yang menggoda. Sebagai spesialis pizza khas Italian dengan konsep grab & go ini menarik banget. Aku udah coba beberapa pizza yang sebaiknya dikonsumsi selagi hangat ya, dan juga mereka sediain cabe yang pedas.

11. New Menu People's Cafe

Hampir setiap musim, mereka sering nih keluarin menu baru. Masih dengan konsep menu Asia namun lebih beragam, Kwetiau Goreng Seafood, Tumis Buncis ala Sechuan, Sapo Tahu, Chicken Steak dan masih banyak lainnya. Selain makanan mereka juga menghadirkan minuman baru seperti Kopi Gula Melaka.

12. Re-opening Fish & Co Grand Indonesia

Kabar gembira, Fish & Co di Grand Indonesia sudah buka kembali dengan konsep baru. Lebih berwarna, cerah dan bahkan dihiasi dengan tulisan LED lights yang menarik. Menu-menu baru pun hadir dengan tema Indonesian fusion seperti lodeh, gulai, nasi paella bakar dan lain-lain.

13. New Menu Union Mall Kelapa Gading

Di bulan Oktober ini, Union Mall Kelapa Gading juga menghadirkan menu baru nih. Inspirasi dari aneka hidangan Asia yang memang sesuai untuk Jakarta community. Ada 4 menu pilihan disini seperti Lamb Kebuli Fried Rice, Japanese Curry Fried Chicken Fried Rice, Beef Tongue Fried Rice, dan Tom Yum Fried Rice.

14. New Open Kokali - Lippo Mall Puri

Minuman kekinian semakin mudah ditemukan di sudut-sudut kota Jakarta. Tidak ketinggalan, sebuah brand baru, Kokali merintis outlet mereka pertama kali di Lippo Mall Puri. Dengan nuansa warna tosca yang tampak berbeda dibanding coffee shop lainnya. Menu yang dihadirkan juga unik dan mengikuti pasar milenial. Contohnya seperti Korans (kopi, susu, gula aren) lalu ada juga Es Telepon (susu, gula aren, santan, pandan, cream kelapa).

14. Restaurant Takeover, The Dining Room, Raffles Jakarta

Kehadiran seorang chef dari restoran di Prancis tentu menjadi angin segar bagi Jakarta community. Thierry Drapeau mengelola sebuah restoran yang telah mendapat penghargaan 1 Michelin Star di Prancis. Beliau disini menyajikan set menu dengan aneka hidangan klasik Prancis yang otentik tapi dengan presentasi modern yang elegan.

16. New Special Menu, Ling Ling Jakarta
Setiap beberapa bulan Ling Ling memang selalu menghadirkan pilihan menu baru. Kali ini sedikit berubah dibanding biasanya yang selalu jalan bersama dengan konsep Chinese food, sekarang lebih ke internasional Asian. Menu baru ini cukup familiar sih untuk kita dan biasanya menjadi menu favorit seperti Sweet & Sour Dori Fish, Black Pepper Beef, Giant Xiao Long Bao dan beberapa menu lainnya. Secara rasa bisa dibilang memang sesuai selera orang Indonesia. Menu ini rencananya hanya seasonal beberapa waktu, penasaran? Yuk mampir.

17. Opening Goola & Mangkokku, Kota Kasablanka

Kedua brand ini memang sedang hits! Diusung oleh dua anak Presiden, mas Gibran dan mas Kaesang yang memang populer mengembangkan usaha kuliner. Cabang baru ini di Kota Kasablanka lt. LG, satu area dengan restoran Padang Mederka. Tempatnya cukup besar dengan kapasitas seating yang cukup banyak. Menu-menu yang dihadirkan untuk Goola masih sama seperti Es Markiskis, Jerit dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk Mangkokku, ada beberapa menu baru seperti Brisket with Sambal Korek Bawang Bone Marrow, Garlic Prawn dan Endog with Curry Sauce.

18. Special Menu - Argetinian Beef Ambiente Ristorante

Salah satu restoran Italian favorit di Jakarta. Kali ini cukup berbeda, mereka menghadirkan menu seasonal dengan tema Argentina. Aneka hidangan beef steak yang diolah sesuai dengan bagian sapi yang berkualitas. Menu-menu menarik ini dipadukan dengan wine pairing yang tersedia menu ala carte. Jadi setiap order menu sudah termasuk dengan wine. 3 menu berikut:
-Costata di Manzo (Rp 140K ++)
Argentinian Premium OP Ribs steak dengan sweet potato fries dan jagung bakar
-Controfiletto alla Griglia (Rp 350K++)
Argentinian Sirloin (300g) disajikan dengan kapsikum marinasi dan fried polenta yang garing.
-Costolette di Manzo al BBQ (Rp 510K ++)
Iga sapi yang melalui proses olah yang cukup lama sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk disajikan dengan olahan mashed potato dengan kembang kol serta jagung bakar.

19. New Store Tiger Sugar TA

Kabar gembira buat pecinta boba, Tiger Sugar membuka cabang terbarunya di Mall Taman Anggrek! Buat Jakarta community yang tinggal di Jakarta Barat memiliki opsi baru untuk minum boba. Dengan menu andalan Brown Sugar Boba tentu menjadi salah satu minuman yang trending di Jakarta. Cabang ini memiliki kapasitas seating yang lebih banyak dibanding cabang lainnya.

20. Grand Opening Ibis Styles Jakarta Tanah Abang

Mencari hotel yang terjangkau tapi instagramable? Yah Ibis Styles Jakarta Tanah Abang ini menjadi pilihan yang tepat. Baru beroperasi beberapa bulan di kawasan yang memang sangat dekat dengan pasar Tanah Abang. Dari luar tampak seperti sebuah gedung kantor, namun begitu memasuki hotel, aku terkesima dengan konsep Ibis yang berbeda, modern, artistik dan cerah. Setiap sudut menawarkan area foto yang unik dan menarik. Begitu pula kamarnya yang memberi suasana yang senang.


21. New Menu St.Ali Jakarta

Salah satu coffee shop favorit aku di Jakarta, dengan konsep Australian dining yang memang saat ini diminati oleh banyak Jakarta community. Kemarin mereka memperkenalkan beberapa menu baru untuk memberikan pilihan yang lebih beragam. Daniel Dobra, seorang chef dari Australia langsung didatangkan menyajikan aneka hidangan baru seperti Birtcher Muesli, menu sarapan khas Ireland ini cukup unik untuk orang Jakarta. Paduan dari nanas, kelapa, apel dengan kaffir lime powder memberikan kombinasi rasa segar, asam, dan manis. Sungguh menarik. Lalu ada pula Brocolli and Rice, menu ini akan cocok sekali untuk vegetarian. Masih banyak beberapa menu lainnya yang memang dibilang khas Australia, unik dan tentu akan memberikan pengalaman baru bagi Jakarta community.

22. Welcome New Year Eve 2019, JW Marriot Jakarta

Dalam rangka menyambut akhir tahun 2019, pada tanggal 24 Oktober 2019 kemarin aku berkesempatan mengikuti tradisi Cake Mixing di hotel bintang 5 ini. Di lobi hotel area, bersama dengan team JW Marriot Jakarta, kami mencampur aneka bahan-bahan seperti kismis, kacang-kacangan, buah-buahan, plum, dan rempah-rempah di sebuah meja yang panjang. Lalu dipadukan dengan minuman alkohol sehingga memberikan aroma harum dan cita rasa manis yang seimbang. Campuran bahan ini nanti akan digunakan untuk membuat kue Natal mendatang. Acara ini sebagai tanda kebersamaan untuk menyambut hari raya. Di bulan yang akan datang, JW Marriot juga akan ada Treen Lighting pada tanggal 29 Nov 2019, selain itu tersedia ayam turkey yang siap diantar ke rumah untuk menjadi hidangan spesial ketika merayakan Natal bersama keluarga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

The Chinese Indian Appetite

Bahasa l English Kisah unik kali ini ketika aku berkunjung ke sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Golden Joy ini merupakan sebuah restoran keluarga dengan konsep Chinese Indian. Well, tidak disangka sang pemilik dari restoran ini ternyata berasal dari India namun keturunan Tiongkok. Terlihat wajah Asia oriental namun bisa berbahasa India dengan lancar. Interior restoran dengan oriental dan sentuhan warna merah atau gold yang identik dengan budaya Chinese. Kapasitas restoran cukup besar dari ruang indoor dengan meja bundar, area outdoor dan 2 ruang VIP. Tentunya ini restoran yang rekomendasi sekali untuk merayakan acara. Sesuai konsep, Golden Joy menawarkan aneka hidangan Chinese yang sebenarnya cukup familiar. Namun jika diperhatikan banyak hidangan yang menggunakan rempah dan bumbu khas India. Salah satu menu highlight seperti Manchurian Gobi. Jadi ini merupakan hidangan vegetarian ala India. Menggunakan kembang kol yang dimasak dengan rempah dan bumbu seperti bawang, jahe, k