Langsung ke konten utama

Bangkok Michelin Bib Gourmand Journal

Bahasa l English

Begitu senangnya ketika kesempatan travel ke Thailand terbuka lebar bagi warga Indonesia setelah era pandemi 2 tahun lebih. Sedikit informasi buat kalian untuk saat ini bahkan tidak perlu mengisi arrival card ketika tiba di Thailand bagi warga Indonesia. Berbagai maskapai penerbangan tersedia baik direct maupun transit dari Jakarta. Di perjalanan kali ini tentunya aku manfaatkan waktu untuk explore kuliner khas Thailand yang selalu menjadi favoritku.
Salah satu yang menjadi perhatian para traveller ketika berkunjung ke Bangkok adalah kuliner dimana nama Michelin Guide, sebuah ajang penghargaan yang diberikan untuk para pengusaha kuliner menjadi salah satu daya tarik turis yang luar biasa. Berbagai restoran mewah Michelin Star tentu banyak, tapi tidak ketinggalan aneka kedai makanan dengan penghargaan Michelin Bib Gourmand juga sangat banyak di kota ini. Yuk baca lebih lanjut untuk cari tahu apa saja ya:

1. Somtum Khun Kan
Ceritanya bermula dari sebuah kedai kecil di Mueang Thong Tani, berkat memenangkan kompetisi hidangan som tum pada tahun 1999 membuat Khun Kan menjadi terkenal bagi warga lokal Bangkok. Khun Kan merupakan salah satu restoran rekomendasi Michelin Bib Gourmand. Menu wajib disini tentunya som tum yang sangat terkenal, salad pepaya dengan rasa asam, segar dan pedas bikin ketagihan. Mereka juga menyediakan aneka hidangan klasik Thailand, salah satu yang aku coba Roasted Chicken with Herbs. Hidangan simple namun memang lezat, aroma yang harum, ayam yang smoky dan rasa asin yang pas, cukup berbeda dengan ayam bakar khas Indonesia. Untuk lokasi tergolong cukup jauh dari area pusat Bangkok, tidak bisa reservasi, opsi lain bisa pesan melalui Grabfood.
Address:
Wachiratham Sathit 23 Alley, Bang Chak, Phra Khanong, Bangkok 10260, Thailand
Open hours: 10.00-21.30

2. Konchong Konprung
Salah satu restoran Michelin Bib Gourmand dengan menu khas Chinese yang merupakan latar belakang keluarga pendiri restoran ini. Begitu pula dengan konsep interiornya, area yang tidak terlalu luas, nuansa rumahan dengan dekorasi poster klasik membawa kita bernostalgia ke sebuah rumah. Menunya sangat banyak selayaknya restoran keluarga dengan hidangan Chinese. Salah satu menu highlight yang wajib dicoba Pickled Plum & Garlic Soup dengan Baso Babi. Aroma herbal dengan kuah yang harum, rasa kaldu yang comfort dan segar. Lalu aku mencoba Shitake Cabbage Pork Ribs Soup, tidak kalah menarik. Sup iga babi dengan paduan rasa sup yang berbeda, warna lebih pekat, sayur kubis yang lembut dan beberapa baby tomat yang memberikan rasa asam segar. Jangan lupa juga cobain Fried Prawn with Tamarind Sauce. Udang dengan porsi untuk dua orang, saus asam jawa yang cukup pekat, rasa strong sungguh meningkatkan selera. Aku kesana pada saat jam makan siang, tidak terlalu ramai, tidak ada turis. Pelayanan memang standar, namun cukup cepat. Sekitar 900m jalan kaki dari BTS Saphan Khwai.
Address:
109 Sutthisan Winitchai Rd, Samsen Nai, Phaya Thai, Bangkok 10400, Thailand
Opening Hours: 11.00-21.00

3. Thai Niyom
Restoran ini lokasinya cukup hidden gem di dalam kawasan gedung di sekitarnya. Salah satu rekomen Michelin Bib Gourman ini menarik untuk dicoba terlihat dari ramainya pengunjung ketika kunjunganku pada saat jam makan malam. Thai Niyom juga merupakan restoran sederhana yang menyajikan aneka hidangan merupakan resep keluarga. Uniknya disini kita bisa menikmati salah satu menu andalan Chiang-Mai Combo, hidangan platter dengan daging babi panggang, kulit babi garing, sosis babi, disajikan dengan sayuran dan dua macam saus khas Thailand yang lezat dan pedas. Selain hidangan Chiang-Mai, ada juga lho menu Phuket, Stir-fry Pork Belly dengan Shrimp Paste. Pork belly yang diiris tipis dimasak dengan olahan bumbu yang gurih, asam dan asin, serta pedas tapi meningkatkan selera. Lokasi Thai Niyom sekitar 120m jalan kaki dari BTS Phloem Chit.
Address:
888/28-29 Mahatun Plaza, Ploenchit Road, Lumpini, Pathumwan, Bangkok 10330, Thailand
Opening Hours: 11.00-20.00

4. Go Ang Kaomunkai Pratunam
Restoran Michelin Bib Gourmand yang penuh dengan turis internasional. Tidak diragukan dengan lokasi yang strategis dekat area pusat perbelanjaan membuat restoran ini selalu ramai dari pagi hingga malam. Konsep sederhana dan restoran ini sudah menjalankan usahanya lebih dari 60 tahun. Hidangan nasi ayam klasik dan disajikan dengan saus kecap, vinegar dan pedas sedikit cabe. Buat aku rasa ayam rebusnya tergolong hambar, akan lebih enak memang jika dinikmati dengan saus kecap. Untuk nasinya ok, tidak terlalu mengesankan dibandingkan nasi ayam yang pernah aku cicipi di negara lain seperti Singapore, Malaysia, atau bahkan di Indonesia. Untuk harga seporsi nasi ayam cukup murah, namun mungkin sesuai harga, porsi tidak terlalu besar. Hidangan lainnye babi kecap, daging empuk namun kuah terlalu encer tidak menyerap ke daging, sekali lagi buat aku tidak mengalahkan hidangan babi kecap yang merupakan masakan rumahan bahkan di rumah cukup sering aku menikmati babi kecap yang lebih lezat.
Address:
962 Phetchaburi Rd, Makkasan, Ratchathewi, Bangkok 10400, Thailand
Opening Hours: 06.00-14.00 & 15.30-21.30

5. Bangkok Bold Kitchen
Berawal dari berita mulut ke mulut, dari sebuah cooking studio, seorang Chef Nhoi membuka Bangkok Bold di kawasan pusat kota. Konsep yang ditawarkan sesuai namanya cita rasa Thailand yang bold atau kuat dalam hidangan. Konsep restoran kasual, terlihat mencolok dengan lukisan ayam jago pada dinding di bawah nama restoran. Menu wajib disini Stir Fried Pork & Shrimp, hidangan dari Central Thailand, olahan daging babi cincang dengan telur yang lembut creamy, lalu aroma shrimp paste yang khas dan rasa pedas serta asam sedap sekali dinikmati dengan nasi putih. Lalu aku juga coba menu rekomendasi, Shrimp Paste & Toasted Coconut Fried Rice with Shrimp. Ulala, hidangan pedas lainnya tapi sangat bikin ketagihan. Tekstur udang juga dimasak sempurna. Lokasinya ada di dalam gedung Central Embassy di lantai dasar.
Address:
1031 Phloen Chit Rd, Lumphini, Pathum Wan, Bangkok 10330, Thailand
Opening Hours: 11.00-22.00

6. Embassy Room - Catalan Cuisine
Restoran yang masuk dalam rekomendasi Michelin Plate ini berlokasi di dalam hotel Park Hyatt Bangkok. Nuansa yang elegan, mewah tampak jelas dari keseluruhan interior di Embassy Room. Area dengan kapasitas seating cukup banyak dengan open kitchen dimana kita bisa melihat aktiftas para chef. Menu yang tersedia ada set menu ataupun ala carte dengan konsep hidangan Catalan. Dikarenakan pada saat kesana aku sudah menikmati makan malam, sehingga aku hanya berencana untuk mencicipi beberapa menu saja. Salah satunya, Tomàquets pepino i aguacate, salad dengan beberapa tomat warna warni, lalu mentimun dan alpukat. Presentasi hidangan yang cantik dan tampak segar, rasa citrus pilihan yang bagus sebagai starter, namun sayangnya aroma dan rasa alpukat yang kurang segar dan agak berbau tidak menyenangkan. Hidangan yang aku coba berikutnya, Amanica de Cranc, tidak kalah menarik dari presentasinya. Bao ala Chinese disajikan dengan olahan kepiting dan ajo blanco khas Spanyol. Bao dengan tekstur yang sedikit soggy, sedangkan blue crab terlalu halus tertutup dengan rasa ajo blanco yang strong. Untuk permainan rasa kedua hidangan ini cukup kompleks namun buat aku kurang harmonis dan tidak spektakular. Rasa daripada bahan yang digunakan tidak outstanding dari yang aku harapkan.
Address:
9th Floor Park Hyatt Bangkok, 88 Witthayu Rd, Lumphini, Pathum Wan, Bangkok 10330, Thailand
Opening Hours: 12.00-14.30 & 18.00-22.30

7. Guay Tiew Mu Rung Rueang Tung (Rung Rueang Pork Noodles)
Kembali ke daftar Michelin Bib Gourmand yang juga cukup terkenal di Bangkok. Untuk kali ini aku hanya memesan makanannya dari hotel melalui aplikasi Grabfood memang lebih praktis daripada kita harus ke outlet terutama di cuaca Bangkok yang sangat panas. Spesialis mie bakso babi, disini kalian bisa memilih jenis kuah kaldu biasa, tom yum atau mie kering. Lalu dengan aneka topping dari fish cake hingga jeroan babi. Selain itu rekomendasi cemilan fish skin. Begitu diantar ke hotel, aku langsung mencicipinya dikarena soup memang lebih baik dikonsumsi selagi panas. Tekstur mienya oke banget dan lembut, bakso babi beserta topping lainnya juga enak, hanya saja kuah tom yum yann buatku sedikit aneh, dengan rasa asam berujung pahit serta pedas sehingga kurang menikmati. Untuk fish skin juga tercium bau amis, cukup ok namun aku pernah makan fish skin yang lebih enak tentunya.
Address:
10/1 Soi Sukhumvit 26, Khwaeng Khlong Tan, Khet Khlong Toei, Krung Thep Maha Nakhon 10110, Thailand
Opening Hours: 08.00-17.00

8. Nahm
Dengan pilihan restoran di Bangkok, wajib juga dong mampir ke Restoran Michelin Star. Salah satu rekomendasi Nahm, yang kebetulan bersebelahan dengan hotel tempat aku tinggal. Nahm adalah sebuah restoran hidangan Thailand yang menawarkan pengalaman mencicipi kuliner Thailand dengan gaya berkelas. Secara interior cukup kasual dengan elemen kayu dan dominan warna gelap. Terdapat area outdoor yang menghadap ke kolam renang dari Como Hotel. Namun kolam tersebut hanya untuk in-house guest. Beberapa pilihan set menu disini tergantung dari jumlah hidangannya. Aku memilih set Kanom Jim, terdapat 3 course dimulai dari canapes, main course dan dessert. Tidak diragukan setiap hidangan yang disajikan sungguh lezat dengan bahan yang berkualitas. Rasa kompleks dari citrus, herbs dan bumbu yang kuat menyatu hamonis. Kanom jim sendiri adalah sebuah hidangan mie fermentasi yang seperti bihun namun lebih tebal. Disajikan dengan pilihan udang atau kepiting sebagai topping dan pasta kari yang cukup pedas.
Address:
โรงแรมโคโม เมโทรโพลิแทน กรุงเทพฯ 27 S Sathon Rd, Thung Maha Mek, Sathon, Bangkok 10120, Thailand
Opening Hours: 12.00-14.00 & 18.30-22.00

9. Nai Mong Hoi Tod
Salah satu kuliner yang memang terkenal di Thailand. Buat penggemar seafood kerang memang sayang untuk melewatkan kuliner ini. Masih dalam daftar Michelin Bib Gourmand, setiap kali mengunjungi Chinatown, Nai Mong Hoi Tod memang selalu untuk menjadi destinasi kuliner Bangkok. Hoi Thod (Kerang Goreng) merupakan menu andalan disini lebih dari 30 tahun. Menu favoritku disini Crispy Oyster Omelette yang tersedia 4 ukuran dari S ke XL. Untuk porsi dua orang mungkin pas dengan ukuran L. Hidangan sudah tampak menggoda ketika proses dimasak di atas wajan yang besar, aroma yang harum sesuai dengan tekstur omelette yang garing di luar dan kenyal di dalam. Serta oyster segar yang begitu banyak sungguh memuaskan. Namun kalau kamu bukan penggemar oyster, mungkin akan sedikit mencium bau dari oyster tersebut.
Address:
539 Phlap Phla Chai Rd, Pom Prap, Pom Prap Sattru Phai, Bangkok 10100, Thailand
Opening Hours: 10.00-19.00

10. Yih Saph Luk (26 Braised Beef)
Arti dari nama Yih Saph Luk adalah "Easy to Cook" berasal dari bahasa Canton. Pada dasarnya restoran ini menyajikan braised-beef noodle sebagai menu andalannya. Namun sesuai konsep menu Canton, banyak menu lainnya yang juga cukup highlight seperti ricebowl, atau bao. Terdaftar dalam rekomendasi Michelin Plate, 26 Braised Beef ini juga sudah tidak asing bagi warga lokal Bangkok. Kunjunganku kesana pada siang hari yang panas, tampak masih sepi. Bukan noodle, melainkan aku memesan Braised Beef Ricepot yang juga rekomendasi. Porsi yang cukup banyak untuk 1 orang, aroma yang harum, rasanya gurih manis sangat berbeda dengan masakan Thailand pada umumnya. Beef yang empuk sungguh lezat dan disajikan dengan sayuran hijau supaya seimbang. Berhubung konsep Canton, maka cemilan bao juga wajib dong seperti Hotate Bao yang menjadi salah satu rekomendasi. Well, tekstur bao yang cruncy dan lembut berpadu, dan saus unik ada rasa sedikit asam, pekat dan pedas. Disajikan terpisah juga ketika memesan ricepot.
Address:
9/1-2 Charoen Krung Rd, Wang Burapha Phirom, Phra Nakhon, Bangkok 10200, Thailand
Opening Hours: 09.00-15.00 & 16.00-18.30

11. K Panich
Siapa sih yang ga pernah coba Mango Sticky Rice kalau ke Thailand? Pasti pernah dong. Tapi pernah ga kamu cobain Mango Sticky Rice yang direkomendasi oleh Michelin Guide dan sudah jadi langganan Istana Raja Thailand sudah beroperasi lebih dari 80 tahun lho. Toko sederhana tidak jauh dari kawasan Chinatown Bangkok. Menu wajib sudah pasti Mango Sticky Rice, tidak diragukan disini aku bisa menikmati mango sticky rice yang super legit, rasa manis dan tekstur yang sempurna. Untuk mangganya kurang lebih mirip dengan yang lain dan kita tahu kualitas mangga di Thailand memang bagus. Makan langsung di tempat memang lebih enak, cuma memang tempat duduknya sedikit ya.
Address:
431 433 Thanon Tanao, San Chao Pho Sua, Phra Nakhon, Bangkok 10200, Thailand
Opening Hours: 07.00-18.00

12. Kway Chap Quan Pochana
Salah satu kedai makan rekomendasi Michelin Bib Gourmang Thailand, sudah legendaris beroperasi lebih dari 50 tahun. Lokasi di area Yaowarat, Bangkok yang memang menjadi destinasi favorit baik turis maupun lokal. Jangan heran ya pemandangan keramaian yang selalu padat disini memang sudah biasa. Walaupun tempatnya tergolong sangat sederhana dan cukup berantakan, orang-orang datang untuk menikmati kway chap, sup mi khas Teochew dengan lembaran nasi lebar, disajikan di dalam sup dan aneka jeroan, perut babi serta telur rebus. Rasa sup yang asin, merica yang strong cukup unik. Well, jika kamu pecinta jeroan mungkin akan menikmati hidangan ini, karena hampir semua isi topping kway chap tersebut penuh dengan jeroan babi.
Address:
408 ถ. เยาวราช Chakkrawat, Chakkaphat, Bangkok 10100, Thailand
Opening Hours: 11.00-00.00

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

The Chinese Indian Appetite

Bahasa l English Kisah unik kali ini ketika aku berkunjung ke sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Golden Joy ini merupakan sebuah restoran keluarga dengan konsep Chinese Indian. Well, tidak disangka sang pemilik dari restoran ini ternyata berasal dari India namun keturunan Tiongkok. Terlihat wajah Asia oriental namun bisa berbahasa India dengan lancar. Interior restoran dengan oriental dan sentuhan warna merah atau gold yang identik dengan budaya Chinese. Kapasitas restoran cukup besar dari ruang indoor dengan meja bundar, area outdoor dan 2 ruang VIP. Tentunya ini restoran yang rekomendasi sekali untuk merayakan acara. Sesuai konsep, Golden Joy menawarkan aneka hidangan Chinese yang sebenarnya cukup familiar. Namun jika diperhatikan banyak hidangan yang menggunakan rempah dan bumbu khas India. Salah satu menu highlight seperti Manchurian Gobi. Jadi ini merupakan hidangan vegetarian ala India. Menggunakan kembang kol yang dimasak dengan rempah dan bumbu seperti bawang, jahe, k