Langsung ke konten utama

Charkoal, Jakarta

Bahasa l English

Perkembangan industri restoran di Jakarta sungguh berjalan dengan gesit. Dalam 1 semester ini bisa dikatakan hadirnya restoran baru dengan jumlah yang sangat banyak di seputar area Jakarta. Kali ini aku pertama kali berkunjung ke restoran Charkoal yang diusung oleh Ismaya murupakan grup industri F&B yang sudah cukup lama bernaung di Indonesia dan sebagian besar dari kalian mungkin sudah cukup familiar dengan beragam restorannya.
Charkoal berlokasi di kawasan SCBD yang memang terkenal dengan destinasi high-end komunitas Jakarta. Dengan kapasitas yang tidak terlalu besar dan terasa lebih intimate. Suasana penerangan yang minim memberikan nuansa elegan dengan elegan serta terdapat showcase dengan bara api sesuai dengan nama brand Charkoal. Konsep yang diusung tidak main-main, proses pengolahan makanan disini semuanya menggunakan bara api dari arang asli tanpa satupun kompor gas. Hal menarik lainnya, terdapat lusinan bahan fermentasi alami yang digunakan menjadi salah satu kunci rasa setiap hidangan. Set-menu dinner ditawarkan dua opsi yaitu 14 dan 17 courses. 
Sesi ke-2 yang aku join kali ini mulai di jam 19:30pm dengan estimasi 2 jam untuk dinner set menu ini. Dimulai dari welcome bread disajikan dengan nori butter yang unik. Lalu lanjut ke beberapa Amuse Bouche dengan presentasi yang cantik. Dilanjutkan dengan cleanser pertama untuk menyeimbangkan indera perasa kita dengan hidangan yang sungguh cantik, Heirloom.

Hidangan starter yang menakjubkan, kompleksitas rasa dengan elemen yang beragam dalam setiap hidangan hanya dengan satu lahapan. Setelah itu memasuki sesi hidangan seafood dengan beberapa bahan seafood yang menarik. Tentunya setiap hidangan awal menggunakan bahan-bahan fermentasi sebagai pemadu rasa hidangan lebih hamornis. Terdapat 4 hidangan seafood dari hamachi dengan rasa asam dan segra, lalu oyster yang dibalut di dalam lapisan butter yang crispy, scallop dengan laksa sauce yang gurih umami dan murray cod yang lembut.
Setelah seafood, dinner dilanjutkan dengan cleanser ke-2 dengan hidangan yang juga sangat cantik. Shine Muscat dengan irisan anggur muscat yang konsisten, sorbet sirsak dengan aroma eucalyptus dan mint yang segar.
Kurang lebih 1 jam sudah setengah hidangan yang disajikan dari set menu 17 course ini. Dilanjutkan dengan hidangan utama poultry dan meat. Dimulai dari bebek yang disajikan dengan foie gras, lalu pork belly dengan chimmichurri dan yuzu pesto, dan Australian Beef MB9+ dengan kualitas bahan dan rasa yang tidak diragukan.

Setelah selesai dengan berbagai hidangan gurih, saatnya tiba ke hidangan penutup yang manis. Di sesi ini terdiri dari Fig & Charcoal, hidangan ice cream dengan presentasi yang menarik, cita rasa es khas Indonesia sangat berperan disini seperti es serut dengan penampilan yang modern dan ice cream mix vanilla dan charcoal flavour. Lalu dessert tape yang disajikan dengan 4 jenis dalam satu piring dari bentuk, tekstur dan rasa yang berbeda karakter. Sebagai finishing, dua cokelat dengan rasa unik Tiramisu Blitz dan Smokey Negroni Bonbon. 
Pengalaman 17-course mungkin akan terasa cukup lama terutama untuk kamu yang tidak terbiasa duduk lama dengan pilihan makanan yang banyak. Namun menurutku 17 course dihabiskan dalam waktu 2 jam ini cukup tergolog cepat dibandingakan di beberapa restoran Michelin Star yang memerlukan 3 jam untuk set menu belasan hidangan. Cita rasa hidangan yang menakjubkan dengan karakter umami yang dominan di setiap hidangan. Tentunya pengalaman dining ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk acara special seperti makan malam romatis. Disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu dengan kapasitas seating yang memang tidak terlalu banyak. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

10 Kuliner Online Yang Wajib Kamu Coba, Jakarta

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Dari tahun ke tahun, usaha kuliner semakin berkembang di Jakarta. Tidak tanggung-tanggung dalam beberapa bulan saja, kita bisa menemukan jumlah online shop yang tidak terhingga beroperasi di sosial media. Sebagai seorang food blogger, selain mengexplore kuliner di berbagai restoran, sesekali aku berkesempatan untuk mencicipi makanan yang bisa dipesan melalui delivery online. Berbeda dengan restoran dimana kita bisa melihat isi review restoran tersebut melalu beberapa fitur aplikasi. Sedangkan kuliner basis online ini hanya foto sebagai patokannya dan mungkin rekomendasi dari teman-teman. Berikut aku akan berbagi 10 daftar kuliner online yang patut kamu coba. 1. Halona Kitchen  (IG:halonakitchen) Seingatku, brand ini mulai beroperasi sekitar tahun kemarin dengan spesialis produk nasi cita rasa khas Indonesia yang dipadu dengan chicken crispy dan topping sambal. Tersedia dalam beberapa sambal seperti sambal matah, sambal bawang