Langsung ke konten utama

Francis Artisan Bakery, Taman Anggrek, Jakarta Barat

Tersedia dalam bahasa Inggris: http://www.foodioz.com/2016/11/francis-artisan-bakery-taman-anggrek.html

Kali ini aku ingin menceritakan bagaimana serunya pengalaman menjadi baker satu hari di event Blogger's Baker Day yang diselenggarakan oleh salah satu bakery terkenal di Jakarta yaitu, Francis Artisan Bakery. Acara ini berlangsung di salah satu outlet mereka di mall Taman Anggrek.


Aku dengan beberapa food blogger yang ada di Jakarta diajak untuk bersama-sama melihat dan bahkan mencoba membuat roti yang baik dan benar. Keseruan pun sudah terlihat sebelum acara dimulai, menurut aku ini adalah salah satu pengalaman yang seru dan belum pernah aku lakukan sebelumnya.


Tanpa menunggu waktu lama acara pun dimulai, namun sebelum itu kami diharuskan memakai penutup kepala dan apron sebelum memasuki ruangan dapur Francis. Tidak lupa, kami pun harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memulai, itu adalah salah satu kewajiban untuk menjaga kebersihan membuat roti.


Sebelum memulai membuat adonan, kami dijelaskan terlebih dahulu bagaimana prosedur membuat roti sebenarnya. Dimulai dari langkah-langkahnya dan juga kinerja mesin pemanggang roti. Sebenarnya adona sudah disiapkan sebelumnya, nah kami disini diajarkan cara membetuk adonan agar bisa menjadi roti yang bagus.



Tentunya ini bukan hal yang mudah jika kita tidak biasa membuat roti. Dimana adonan yang cukup lengket jika kurang dilapisi tepung terigu. Butuh beberapa waktu bagi aku untuk membentuk adonan yang sesuai, begitu juga dengan yang lainnya.


Setelah itu, adonan ditata ke loyang untuk siap masuk ke dalam mesin panggangan roti. Selama menunggu untuk jadi, kami diajak untuk menyiapkan roti lainnya. Semua tentunya tampak antusias dan semangat dalam mengikuti acara ini. Dimana kami belajar sedikit pengetahuan dan bagaimana kinerja pembuatan roti yang benar.


Cukup memakan waktu yang lama bagi kami sebagai pemula untuk benar membuat roti yang sesuai dengan standar seharusnya. Adapun kebanyakan dari kami agak kesulitan membentuk roti dengan sempurna. Tapi yang membuat aku senang adalah rasa roti yang aku bikin tersebut tentunya enak dan seperti layaknya roti yang dijual di toko.


Walaupun bentuknya tidak sempurna, tapi aku cukup puas dengan hasil yang aku bikin sendiri. Blogger lainnya pun juga tampak senang dengan hasil roti mereka. Tentunya yang menjadi kunci dari kualitas roti Francis adalah bahan yang digunakan dan memang teknik pemanggangan yang sempurna.


Francis Bakery telah menjadi salah satu bakery yang sering aku kunjungi setiap minggunya. Dengan varian yang begitu menarik, harga yangg standar dan tentunya kualitas rasa yang tidak bisa diragukan, aku tentunya sangat merekomendasikan bakery ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Macau Wajib Dicoba, Macau

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Mengunjungi kota Macau merupakan salah satu aktifitas favorit yang sering dilakukan ketika orang-orrang berlibur ke Hong Kong. Kota ini terkenal dengan artsitektur klasik bergaya Portugis memberikan kesan yang menarik dan menjadi destinasi foto yang ramai sekali. Selain itu kota ini juga dipenuhi dengan kasino dan hotel yang besar dan gemerlap. Tentu saja akan sayang dilewatkan wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas Macau yang otentik. Berikut 5 jenis makanan yang patut kamu coba jika berkunjung kesini. Sedikit cita rasa yang berbeda bisa menjadi referensi travel kamu selama disini.
1. Yee Shun Milk Company Sebenarnya kita bisa menemukan kuliner ini di Hong Kong, namun tidak kalah, Yee Shun Milk Company ini juga menjadi bintang di kota Macau. Spesialis dengan puding susu yang klasik. Sedikit berbeda dengan yang kucoba di salah satu restoran Hong Kong, dimana teksturnya lebih cair, sedangkan disini memiliki tekstur yang lebih padat dan tid…

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

Omija Cafe, Karawaci

Tersedia dalam bahasa Inggris: http://www.foodioz.com/2017/02/omija-supermall-karawaci.html

Makanan Korea tentunya sudah familiar untuk sebagian orang di Jakarta. Umumnya makanan khas ini berhubungan dengan pedas, tapi perlu kita tahu bahwa di Korea sana sekarang ini sudah banyak makanan-makanan khas Korea yang dipadu dengan gaya modern. Disini kita bisa mencoba Omija Cafe yang letaknya di Supermall Karawaci dengan konsep kafe modern tapi menawarkan makanan khas Korea fusion dan buat pecinta kopi wajib banget untuk mengunjungi kafe ini.