Langsung ke konten utama

Peruvian Set Menu, Lyon, Mandarin Oriental, Jakarta Pusat

Indonesia l Inggris

Kedua kalinya aku berkesempatan menikmati pengalaman makan malam dengan tema Peruvian yang unik dan menarik. Kali ini bertempat di salah satu hotel bintang 5 yang sudah cukup lama beroperasi di Jakarta. Mandarin Oriental yang terletak di pusat jantung kota Jakarta menjadi salah satu hotel yang paling populer.
Terdapat beberapa restoran dan lounge yang tersedia di hotel ini. Untuk acara Peruvian set menu akan tersedia di Lyon restoran yang merupakan restoran Perancis. Event ini dimulai dari 21-25 November 2017. Seorang chef dari Peru, Jorge Tomita akan berada disini menghadirkan set menu aneka makanan Peruvian yang tentu siap menggoyang lidah.
Konsep Lyon yang merupakan restoran Perancis dengan interior yang klasik nuansa elegan, dominan warna cream yang lembut di keseluruhan ruangan, lalu karpet berwarna merah yang memberikan sentuhan cantik dan terdapat foto-foto kota kota di  Peru pada masa lampau. Atmosfer klasik begitu terasa di restoran ini. Malam ini chef Jorger akan menyajikan beberapa menu khas Peruvian yang dimulai dari appetizer.
Menu pertama yang menjadi favoritku yaitu Ceviche Mixto, hidangan seafood dengan potongan udang dan ikan disajikan di dalam Leche De Tigre, semacam citrus marinasi  ala Peru yang terasa asam dan segar. Selain itu juga terdapat potongan ubi dan kacang sebagai pelengkap cita rasa.
Lalu ada Tiradito, hidangan ikan juga juga presentasi yang berbeda, irisan ikan salmon di dalam saus marinasi ala Peru dengan warna merah pekat gelap dan juga rasa asam yang cukup dominan. Pilihan appetizer lainnya yaitu Solterito Tataki, irisan tuna dengan warna yang menggoda disajikan dengan salah quinoa, irisan baby tomato, potongan keju dan disiram dengan saua hitam pekat yang memberikan rasa gurih.
Setelah beberapa appetizer, saatnya kita menyantap menu utama terdiri dari Sudado, sajian ikan lagi khas Peru Utara disiram dengan sudado sauce yang terasa gurih dan sentuhan krim ubi yang manis memberikan keseimbangan rasa yang pas. Selain ikan, tentu tersedia pula menu menggunakan ayam dengan gaya klasik Peru. Aji De Gallina ini merupakan sajian daging ayam dimasak dengan yellow chilli dengan waktu yang lama sehingga meresap dan disajikan dengan beberapa potongan kentang. Rasa creamy yang pekat dan gurih berpadu memberikan sensasi yang cukup mengesankan.
Setelah menikmati menu utama, tidak ketinggalan waktunya untuk dessert. Salah satunya Suspiro A La Limeña, sajian dessert dari abad 18, sajian manjar blanco dengan olahan merengue yang disajikan dingin. Rasa yang pekat dan manis yang sangat dominan sangat berperan disini. Menurutku dessert ini sangat manis sekali, selain itu juga disajikan bersama dengan sepoton kue bolu seperti bolu klasik pada umumnya.
Dessert lainnya ada Churros Con Dulce De Leche, menu yang cukup familiar, potongan churros dengan warna cokelat cerah yang disajikan bersama selai susu berwarna cokelat yang manis dan ice cream vanilla dingin siap menemani. Churros dengan tekstur garing, aroma yang harum sangat lezat sekali dinikmati selagi hangat.
Pengalaman Peruvian Set Menu ini sangat berkesan dimana aku bisa mencicipi cita rasa makanan yang berbeda. Selain itu setiap makanan disajikan dengan presentasi yang menggoda dan menghasilkan foto yang cantik. Tidak lupa, pelayanan restoran Lyon selayaknya hotel bintang 5 tentu menjadi faktor pendukung dari pengalaman makan malam yang menyenangkan ini.

Lyon,
Mandarin Oriental, jl. M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat
Tel:+6221 2993 8824

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

5 Kuliner Macau Wajib Dicoba, Macau

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Mengunjungi kota Macau merupakan salah satu aktifitas favorit yang sering dilakukan ketika orang-orrang berlibur ke Hong Kong. Kota ini terkenal dengan artsitektur klasik bergaya Portugis memberikan kesan yang menarik dan menjadi destinasi foto yang ramai sekali. Selain itu kota ini juga dipenuhi dengan kasino dan hotel yang besar dan gemerlap. Tentu saja akan sayang dilewatkan wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas Macau yang otentik. Berikut 5 jenis makanan yang patut kamu coba jika berkunjung kesini. Sedikit cita rasa yang berbeda bisa menjadi referensi travel kamu selama disini.
1. Yee Shun Milk Company Sebenarnya kita bisa menemukan kuliner ini di Hong Kong, namun tidak kalah, Yee Shun Milk Company ini juga menjadi bintang di kota Macau. Spesialis dengan puding susu yang klasik. Sedikit berbeda dengan yang kucoba di salah satu restoran Hong Kong, dimana teksturnya lebih cair, sedangkan disini memiliki tekstur yang lebih padat dan tid…

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…