Langsung ke konten utama

Peruvian Set Menu, Lyon, Mandarin Oriental, Jakarta Pusat

Indonesia l Inggris

Kedua kalinya aku berkesempatan menikmati pengalaman makan malam dengan tema Peruvian yang unik dan menarik. Kali ini bertempat di salah satu hotel bintang 5 yang sudah cukup lama beroperasi di Jakarta. Mandarin Oriental yang terletak di pusat jantung kota Jakarta menjadi salah satu hotel yang paling populer.
Terdapat beberapa restoran dan lounge yang tersedia di hotel ini. Untuk acara Peruvian set menu akan tersedia di Lyon restoran yang merupakan restoran Perancis. Event ini dimulai dari 21-25 November 2017. Seorang chef dari Peru, Jorge Tomita akan berada disini menghadirkan set menu aneka makanan Peruvian yang tentu siap menggoyang lidah.
Konsep Lyon yang merupakan restoran Perancis dengan interior yang klasik nuansa elegan, dominan warna cream yang lembut di keseluruhan ruangan, lalu karpet berwarna merah yang memberikan sentuhan cantik dan terdapat foto-foto kota kota di  Peru pada masa lampau. Atmosfer klasik begitu terasa di restoran ini. Malam ini chef Jorger akan menyajikan beberapa menu khas Peruvian yang dimulai dari appetizer.
Menu pertama yang menjadi favoritku yaitu Ceviche Mixto, hidangan seafood dengan potongan udang dan ikan disajikan di dalam Leche De Tigre, semacam citrus marinasi  ala Peru yang terasa asam dan segar. Selain itu juga terdapat potongan ubi dan kacang sebagai pelengkap cita rasa.
Lalu ada Tiradito, hidangan ikan juga juga presentasi yang berbeda, irisan ikan salmon di dalam saus marinasi ala Peru dengan warna merah pekat gelap dan juga rasa asam yang cukup dominan. Pilihan appetizer lainnya yaitu Solterito Tataki, irisan tuna dengan warna yang menggoda disajikan dengan salah quinoa, irisan baby tomato, potongan keju dan disiram dengan saua hitam pekat yang memberikan rasa gurih.
Setelah beberapa appetizer, saatnya kita menyantap menu utama terdiri dari Sudado, sajian ikan lagi khas Peru Utara disiram dengan sudado sauce yang terasa gurih dan sentuhan krim ubi yang manis memberikan keseimbangan rasa yang pas. Selain ikan, tentu tersedia pula menu menggunakan ayam dengan gaya klasik Peru. Aji De Gallina ini merupakan sajian daging ayam dimasak dengan yellow chilli dengan waktu yang lama sehingga meresap dan disajikan dengan beberapa potongan kentang. Rasa creamy yang pekat dan gurih berpadu memberikan sensasi yang cukup mengesankan.
Setelah menikmati menu utama, tidak ketinggalan waktunya untuk dessert. Salah satunya Suspiro A La Limeña, sajian dessert dari abad 18, sajian manjar blanco dengan olahan merengue yang disajikan dingin. Rasa yang pekat dan manis yang sangat dominan sangat berperan disini. Menurutku dessert ini sangat manis sekali, selain itu juga disajikan bersama dengan sepoton kue bolu seperti bolu klasik pada umumnya.
Dessert lainnya ada Churros Con Dulce De Leche, menu yang cukup familiar, potongan churros dengan warna cokelat cerah yang disajikan bersama selai susu berwarna cokelat yang manis dan ice cream vanilla dingin siap menemani. Churros dengan tekstur garing, aroma yang harum sangat lezat sekali dinikmati selagi hangat.
Pengalaman Peruvian Set Menu ini sangat berkesan dimana aku bisa mencicipi cita rasa makanan yang berbeda. Selain itu setiap makanan disajikan dengan presentasi yang menggoda dan menghasilkan foto yang cantik. Tidak lupa, pelayanan restoran Lyon selayaknya hotel bintang 5 tentu menjadi faktor pendukung dari pengalaman makan malam yang menyenangkan ini.

Lyon,
Mandarin Oriental, jl. M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat
Tel:+6221 2993 8824

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

The Chinese Indian Appetite

Bahasa l English Kisah unik kali ini ketika aku berkunjung ke sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Golden Joy ini merupakan sebuah restoran keluarga dengan konsep Chinese Indian. Well, tidak disangka sang pemilik dari restoran ini ternyata berasal dari India namun keturunan Tiongkok. Terlihat wajah Asia oriental namun bisa berbahasa India dengan lancar. Interior restoran dengan oriental dan sentuhan warna merah atau gold yang identik dengan budaya Chinese. Kapasitas restoran cukup besar dari ruang indoor dengan meja bundar, area outdoor dan 2 ruang VIP. Tentunya ini restoran yang rekomendasi sekali untuk merayakan acara. Sesuai konsep, Golden Joy menawarkan aneka hidangan Chinese yang sebenarnya cukup familiar. Namun jika diperhatikan banyak hidangan yang menggunakan rempah dan bumbu khas India. Salah satu menu highlight seperti Manchurian Gobi. Jadi ini merupakan hidangan vegetarian ala India. Menggunakan kembang kol yang dimasak dengan rempah dan bumbu seperti bawang, jahe, k