Langsung ke konten utama

Pengalaman Kuliner Filipina, Arts Cafe, Raffles, Jakarta Selatan

Indonesia l Inggris

Kesekian kalinya aku mengunjungi restoran di hotel mewah ini dengan struktur bangunan yang tampak megah, interior yang artistik dan warna wanra cerah di keseluruhan hotel. Restoran utama disini yaitu Arts Cafe. Ini bukan merupakan kunjungan pertamaku kesini, namun kali ini bersama dengan Chef Chele Gonzalez yang berasal dari Gallery Vask, Filipina menghadirkan aneka makanan khas dari sana yang sangat menarik.
Gallery Vask merupakan restoran di Filipina yang masuk ke dalam daftar 50 Best Asia Restaurant dengan urutan ke 35. Beliau datang ke Indonesia mengikuti Jakarta Culinary Feastival yang berlangsung sepekan lalu. Kali ini bertempat di Raffles Jakarta, beliau menyajikan special dish dengan aneka hidangan Filipina.
Konsep buffet dining di Raffles kita disajikan dengan aneka hidangan western, asia hingga Indonesia dan dessert. Setiap harinya akan tersedia pula dengan hidangan spesial yang langsung disajikan dengan presentasi ala carte dan biasanya terdiri dari 4 hingga 5 macam makanan.
Sesuai dengan spesialis chef Chele, maka hari ini special dish nya berupa makanan Filipina dimulai dari Okoy, shrimp cracker dengan tekstur yang garing disajikan bersama potongan udang, ginger cream dan soy gel yang gurih.
Menu kedua yaitu sardines yang disajikan di atas beetroot cracker berwarna kegelapan, lalu dilengkapi dengan cashew praline dan caviar. Rasa asin yang dominan memberikan sensasi yang menyenangkan.
Dilanjutkan dengan menu berikutnya yaitu Tradito, sajian tuna dengan saus mayo herb berwarna putih pekat. Tuna segar dengan tekstur  yang lembut dipadu dengan rasa mayo yang manis memberikan keseimbangan yang pas sekali. Selain Tuna, ada pula hidangan oyster di atas sendok yang disajikan bersama coconut cream yang kental. Bahan segar tentu menjadi kunci dari masakan lezat dan rasa kelapa yang dominan memberi paduan rasa yang unik.
Special dish terakhir yaitu bukayo, dessert manis khas Filipina dengan tekstur yang renyah terbuat dari kelapa lalu dibalut dengan caramelized gula merah yang manis sekali. Terus terang aku bukan penyuka manis, sehingga bukayo ini sangat terasa sekali manis yang sangat kuat menurutku.
Tidak ketinggalan menu populer dari Filipina yaitu Pork Lechon, daging babi panggang dengan potongan yang besar, bagian kulit berwarna kecoklatan dengan tekstur yang garing. Daging yang putih dan lemak yang tampak juicy. Daging cukup empuk, hanya saja tekstur kulit garing akan lebih enak jika tidak terlalu keras.
Keseluruhan makan siang kali ini cukup berkesan dimana aku bisa menikmati aneka makanan khas Filipina yang unik. Dimana kita tahu bahwa disini juga cukup jarang ditemukan restoran Filipina. Selain itu tidak perlu diragukan, suasana Arts Cafe yang elegan dan nyaman memberikan pengalaman makan yang tentu menyenangkan. Lalu tersedia pula pilihan buffet yang cukup beragam dan bisa aku katakan kali ini cita rasa makanan lebih baik daripada sebelumnya.

Arts Café,
Raffles Hotel Jakarta, jl. Prof Dr. Satrio, Kav 3-5,
Karet Kuningan, Jakarta Selatan
Tel: +6221 2988 0888

Komentar

  1. Thanks for info https://bit.ly/2zAzDd6

    BalasHapus
  2. Sangat recommended jajanannya pak. Saya juga ingin mempromosikan produk Sterno yang aman dan penting sebagai penunjang kebutuhan restoran, hotel dan Catering.
    sterno

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

5 Kuliner Macau Wajib Dicoba, Macau

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Mengunjungi kota Macau merupakan salah satu aktifitas favorit yang sering dilakukan ketika orang-orrang berlibur ke Hong Kong. Kota ini terkenal dengan artsitektur klasik bergaya Portugis memberikan kesan yang menarik dan menjadi destinasi foto yang ramai sekali. Selain itu kota ini juga dipenuhi dengan kasino dan hotel yang besar dan gemerlap. Tentu saja akan sayang dilewatkan wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas Macau yang otentik. Berikut 5 jenis makanan yang patut kamu coba jika berkunjung kesini. Sedikit cita rasa yang berbeda bisa menjadi referensi travel kamu selama disini.
1. Yee Shun Milk Company Sebenarnya kita bisa menemukan kuliner ini di Hong Kong, namun tidak kalah, Yee Shun Milk Company ini juga menjadi bintang di kota Macau. Spesialis dengan puding susu yang klasik. Sedikit berbeda dengan yang kucoba di salah satu restoran Hong Kong, dimana teksturnya lebih cair, sedangkan disini memiliki tekstur yang lebih padat dan tid…

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…