Langsung ke konten utama

Claypot Popo, Menteng, Jakarta Pusat

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Dengan begitu beragam restoran dan makanan dengan gaya modern membuat kita bisa memilih makanan yang berbeda setiap harinya. Dengan konsep unik dan khas tentu menjadi salah satu kemasan yang bagus untuk menarik perhatian pengunjung.

Tapi tentu makanan klasik pun tidak ketinggalan dan tetap menjadi pilihan bagi orang-orang. Bagaimana dengan makanan klasik dipadu dengan gaya yang modern?! Claypot Popo ini terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Tempatnya kecil, memuat orang sekitar 5-10 aku rasa.


Kunjunganku kali ini bersama dengan teman-teman foodies sekitar 20 orang. Dengan tempat sekecil itu, maka suasananya super ramai sekali dan hawa panas begitu terasa di dalam ruangan. Makanan yang ditawarkan sangat menarik, hidangan khas Hakka yang begitu otentik.

Uniknya, penyajian setiap makanan disajikan di atas claypot yang umumnya digunakan orang Cina. Di Indonesia sendiri kita masih jarang menemukan hidangan yang disajikan di atas claypot tanah liat. Menu yang ditawarkan tidak begitu banyak, sekitar 5-8 dari menu utama hingga menu sampingan.


Salah satu yang menjadi favoritku yaitu Claypot Dadar Caipoh, nasi yang digoreng dengan caipoh & wortel, lalu dihidangkan bersama dengan telur dadar caipoh berserta dengan ikan asin. Sebagai penyuka rasa asin, aku sanagt sekali dengan menu satu ini. Nasi hangat dengan caipoh yang asin ditambah engan rasa gurih dari telur dan ikan asin begitu nikmat.


Selain itu ada menu dengan presentasi yang menarik yaitu, Claypot Siram Telur Mentah. Hidangan nasi panggang disiram dengan kuah kental yang gurih ditambah dengan telur mentah di atasnya, lalu dilengkapi dengan wortel, jagung, daun parsley dan potongan daging.

Makannya hanya dengan mengaduk seluruh komponen yang ada di claypot hingga merata untuk mendapatkan kejutan rasa yang begitu nikmat. Rasa tekstur nasi yang terbakar memberikan sensasi garing, lalu bersamaan dengan kekentalan yang pas dan rasa gurih bumbu terasa sedap.


Kalau kamu kurang suka dengan telur mentah, maka bisa memilih menu Claypot Siram Telur Matang dengan komponen yang hampir sama, namun menggunakan telur yang sudah matang. Menurutku untuk yang menggunakan telur mentah terasa lebih enak dan lebih merata jika diaduk bersama nasi.


Dengan menu makanan klasik seperti ini, tidak lupa juga dengan minumannya. Kita bisa menikmati kopi susu atau teh susu rumahan yang memberikan nostalgia ke zaman dulunya. Dengan penampilan yang sederhana tapi menawarkan rasa yang enak.


Walaupun tempatnya kecil dan sedikit panas, aku merasakan pengalaman menikmati masakan rumahan yang enak. Terlebih lagi dari keluarga Hakka, menu yang ditawarkan di Claypot Popo sangat cocok sekali untuk lidahku. Mungkin kita tidak bisa mendapatkan pelayanan khas restoran berbintang, tapi kita bisa merasakan suasana rumahan dan ramah, tidak ketinggalan dengan harga makanannya.

Claypot Popo,
Jl. H. Agus Salim No. 23A, Thamrin, Jakarta
Tel: Not Available

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…

Cork & Screw Country Club, Senayan, Jakarta Selatan

Bahasa l Inggris

Di kuartal terakhir tahun 2018 ini, Union Group kembali menghadirkan salah satu flagship restoran-nya, Cork & Screw Country Club. Sedikit berbeda dengan Cork & Screw yang telah ada sebelumnya di Plaza Indonesia & Pacific Place. Sesuai namanya, disini merupakan tempat untuk pengunjung bisa berkumpul, bersantai dan sedikit berolahraga. Memasuki tempat ini, pengunjung akan disambut dengan suasana restoran yang semi outdoor, dilengkapi dengan bar yang cantik, area yang luas, tersedia area dining dengan meja makan baik di bagian indoor maupun outdoor. Lalu terdapat pula area sofa yang cocok sekali untuk waktu bersantai. Hanya saja masalah banyaknya lalat di sekitar restoran menjadi hal yang patut diperhatikan oleh Cork & Screw.
Di area belakang restoran, pengunjung akan dibawa menuju ke Bali. Di sini ada kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau biasanya sebagai tempat pool party serta sun bed untuk bersantai di depannya. Suasana yang selama ini seringkali…