Langsung ke konten utama

Palembang, Sumatera Selatan

Aku telah merencanakan perjalanan ke Palembang di penghujung tahun ini untuk beberapa hari. Palembang adalah ibukota dari provinsi Sumatera Selatan yang diperlukan menempuh 45 menit menggunakan pesawat terbang. Kota ini terkenal dengan empek-empek dan tentunya banyak kuliner lainnya. Tidak lupa, lokasi yang wajib dikunjungi yaitu jembatan merah yang bear atau yang biasa dikenal Jembatan Ampera.


Pada saat malam hari, apalagi Sabtu malam, tempat ini sungguh ramai sekali pengunjung. Banyak orang berfoto-foto ria atau menikmati makan malam di sekitar sini. Seperti yang aku dengar, memang Jembatan Ampera ini lebih indah jika dikunjungi pada saat malam hari dimana dihiasi dengan lampu gemerlap yang warna warni. Jalan-jalan kesini tentunya aku tidak melewatkan berbagai macam kuliner khas. Kota Palembang dikenal dengan dua suku yang dominan yaitu Melayu dan Tionghoa dimana kita bisa menemukan perpaduan kuliner dua budaya yang berbeda di kota ini.

1. Acuan Bak Kut Teh
Salah satu kuliner tionghoa yang terkenal yang patut dicoba. Sebagai informasi, ini tentunya kuliner khusus non-Muslim. Sup iga babu dengan daging babi. Biasanya Bak Kut Teh ini sup berwarna putih bening, namun disini sup disajikan dengan kecap sehingga berwarna hitam.


Rasanya tentu enak, sup rumahan yang klasik dengan potongan daging babi yang empuk. Mereka juga menyediakan baso babi goreng atau baso ikan. Dengan tekstur kulit baso yang garing dan daging yang empuk serta gurih.


2Lo Mie Taksam
Makanan chinese lainnya yang menarik adalah Lo Mie ini. Mie khas yang tebal di dalam kuah yang kental, dilengkapi dengan potongan udang dan babi. Aku kurang suka dengan satu ini dimana kuah kental yang tidak biasa aku makan, agak tidak cocok dengan lidahku. Tapi aku bisa melihat bahwa ini ada salah satu tempat makan yang tidak pernah sepi dimana pengunjung terus berdatangan. 


3. RM Pagi Sore
Ide yang menarik, kalau ke Palembang bisa cobain Nasi Padang. Salah satu tempat yang direkomendasikan yaitu RM Pagi Sore yang merupakan rumah makan Nasi Padang. Sebenarnya ini sudah ada di Jakarta, tapi aku pikir bisa mencoba dimana rumah makan ini berasal. Kenyatannya, makan yang disajikan enak, tapi aku tidak menemukan perbedaan yang signifikan dengan rumah makan Padang lainnya. Salah satu yang mesti kamu coba yaitu rendangnya.


4. Pindang Meranjat Ibu Ucha
Makanan yang wajib dicoba adalah Pindang. Nah, tempat ini sudah lama cukup terkenal di kota Palembang. Tempat ini cukup ramai pada saat jam makan siang. Pindang Patin adalah salah satu makanan yang wajib dicoba, ikan patin yang dimasak di kuah oranye yang asam dan gurih. Aku sangat suka sekali rasanya yang begitu segar.


Makanan lainnya yang mesti dicoba yaitu tempoyak. Ikan juga yang menjadi bahan utama di makanan ini yang dibungkus di dalam daun pisang. Ikan telah dibumbui dengan bumbu khas yang sunggu wangi dan aroma buah nangka yang cukup kuat.


5. Empek-Empek EK Dempo
Kuliner terkenal yang harus dicoba di kota ini yaitu Empek-empek. Kita bisa menikmatinya digoreng atau direbus. Banyak toko yang menjual empek-empek tersebar di sepanjang jalan di Palembang. Rata-rata dnegan konsep rumah makan yang sederhana, tapi cukup nyaman. Di EK Dempo ini juga menyediakan tekwan dan pangsit kuah yang enak.



6. Empek-Empek Beringin
Toko empek-empke lainnya yang bisa dikunjungi yaitu Pempek Beringin yang letaknya tidak jauh dari EK Dempo. Sama seperti toko empek-empek lainnya, Pempek Beringin ini juga tampak sederhana. Mereka terkenal dengan pempek lengganya yang benar-benar menggoda.


7. Martabak Har
Kuliner yang terakhir aku rekomendasikan yaitu Martaba Har, martabak khas Palembang dengan adonan telur yang garing dan disajikan bersama dengan saus kari yang gurih. Aku lebih suka jika dipadu dengan cabe kecap yang asin.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Kuliner Macau Wajib Dicoba, Macau

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Mengunjungi kota Macau merupakan salah satu aktifitas favorit yang sering dilakukan ketika orang-orrang berlibur ke Hong Kong. Kota ini terkenal dengan artsitektur klasik bergaya Portugis memberikan kesan yang menarik dan menjadi destinasi foto yang ramai sekali. Selain itu kota ini juga dipenuhi dengan kasino dan hotel yang besar dan gemerlap. Tentu saja akan sayang dilewatkan wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas Macau yang otentik. Berikut 5 jenis makanan yang patut kamu coba jika berkunjung kesini. Sedikit cita rasa yang berbeda bisa menjadi referensi travel kamu selama disini.
1. Yee Shun Milk Company Sebenarnya kita bisa menemukan kuliner ini di Hong Kong, namun tidak kalah, Yee Shun Milk Company ini juga menjadi bintang di kota Macau. Spesialis dengan puding susu yang klasik. Sedikit berbeda dengan yang kucoba di salah satu restoran Hong Kong, dimana teksturnya lebih cair, sedangkan disini memiliki tekstur yang lebih padat dan tid…

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

Omija Cafe, Karawaci

Tersedia dalam bahasa Inggris: http://www.foodioz.com/2017/02/omija-supermall-karawaci.html

Makanan Korea tentunya sudah familiar untuk sebagian orang di Jakarta. Umumnya makanan khas ini berhubungan dengan pedas, tapi perlu kita tahu bahwa di Korea sana sekarang ini sudah banyak makanan-makanan khas Korea yang dipadu dengan gaya modern. Disini kita bisa mencoba Omija Cafe yang letaknya di Supermall Karawaci dengan konsep kafe modern tapi menawarkan makanan khas Korea fusion dan buat pecinta kopi wajib banget untuk mengunjungi kafe ini.