Langsung ke konten utama

Beervana Welcomes Beer Party, SCBD, Jakarta Selatan

Bahasa l Inggris

Bir adalah salah satu minuman beralkohol yang paling terkenal dan dikonsumsi di dunia, dan dapat dianggap sebagai minuman paling populer bersama dengan teh dan kopi. Saya merasa terhormat berkesempatan mengikuti Nibble App sebagai bagian dari Beervana Welcomes Beer Party. Beervana, sebagai Importir dan Distributor Bir, mengenalkan dan meluncurkan Deschutes Beer, Bir Oregon Pertama di Indonesia.
Berbicara tentang Deschutes, ini adalah perusahaan Beer Brewery yang didirikan pada tahun 1988 di Bend, Oregon. Selama awal berdirinya, perusahaan ini memulai sebagai Pub Bir. Saat ini menjadi pabrik pembuatan bir terbesar ke-8 di Amerika Serikat, dengan dua fasilitas pembuatan bir yang berada di Oregon, Bend and Portland. Mereka bisa menghasilkan lebih dari 29 juta liter per tahun.
Acara itu sendiri diselenggarakan di Tori-Ya, Japanese Restaurant yang berada di area Fairgrounds SCBD. Desain restoran dan suasananya sangat nyaman dilihat. Kelihatannya seperti gaya tradisional Jepang, dengan pintu geser, penuh dengan interior kayu, dan banyaksususnan sake diatur di rak gantung.
Meski Deschutes Brewery punya banyak produk Beer, hanya ada 3 varian yang akan diluncurkan di Indonesia. Terdiri dari Mirror Pond Pale Ale, Fresh Squeezed IPA dan Black Butte Porter. Ketiga bir ini diperkenalkan saat Beer Class yang diadakan di acara tersebut. Setiap peserta diberi pengantar singkat tentang profil Deschutes, bagaimana rasanya dari bir ini.
Berbeda dari lokal bir Indonesia yang merupakan Lager Beer, Mirror Pond dan Fresh Squeezed merupakan Ale Beer. Mirror Pond Pale Ale memiliki aroma bunga dan buah. Secara pribadi aku bisa merasakan aroma seperti buah leci, yang terbuat dari lokal hops cascade utuh dengan rasa dasar karamel. Ini merupakan hop pale ale tunggal dengan 5% volume alkohol dan 40 IBU (International Bitterness Unit). Bir ini juga memenangkan beberapa penghargaan sejak tahun 1990 sampai 2017.
Fresh Squeezed IPA, yang merupakan kependekan dari India Pale Ale, memiliki aroma bunga dan buah. Berbeda dengan mirror pond yang hanya menggunakan hop tunggal, fresh squeezed dibuat dari hop jenis mozaic dan citra. Oleh Karena itu, kita bisa merasakan dan mencium aroma seperti buah jeruk keprok dan jeruk bali. Bir ini memiliki kada volume alkohol lebih tinggi dari Mirror POnd yaitu sebesar 6.4% dan rasa yang lebih pahit sebesar 64 IBU.
Yang terakhir, Black Butte merupakan Porter Beer. Dari warnanya dapat terlihat menyerupai stout beer tapi lebih terang warnanya. Bir ini menawarkan cita rasa krim cokelat yang pekat. Secara pribadi, aku dapat merasakan aroma kopi di rasa akhir namun tidak terlalu dominan. Hal ini tercermin dari level IBU-nya yang hanya sebesar 30 yang paling rendah di antara lainnya dan 5.2% kadar volume alkohol yang juga cukup rendah. Bir ini juga memenangkan beberapa penghargaan sejak tahun 1996 sampai 2016 dan salah satu favoritku.

Beervana,
http://beervana.asia/id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…

Cork & Screw Country Club, Senayan, Jakarta Selatan

Bahasa l Inggris

Di kuartal terakhir tahun 2018 ini, Union Group kembali menghadirkan salah satu flagship restoran-nya, Cork & Screw Country Club. Sedikit berbeda dengan Cork & Screw yang telah ada sebelumnya di Plaza Indonesia & Pacific Place. Sesuai namanya, disini merupakan tempat untuk pengunjung bisa berkumpul, bersantai dan sedikit berolahraga. Memasuki tempat ini, pengunjung akan disambut dengan suasana restoran yang semi outdoor, dilengkapi dengan bar yang cantik, area yang luas, tersedia area dining dengan meja makan baik di bagian indoor maupun outdoor. Lalu terdapat pula area sofa yang cocok sekali untuk waktu bersantai. Hanya saja masalah banyaknya lalat di sekitar restoran menjadi hal yang patut diperhatikan oleh Cork & Screw.
Di area belakang restoran, pengunjung akan dibawa menuju ke Bali. Di sini ada kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau biasanya sebagai tempat pool party serta sun bed untuk bersantai di depannya. Suasana yang selama ini seringkali…