Langsung ke konten utama

Tio Ciu 78, Mangga Besar, Jakarta Pusat

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Di Jakarta begitu banyak jenis restoran dengan konsep yang berbeda. Tidak ketinggalan, disini pun terdapat rumah makan dengan tema lokal dan sederhana yang tidak terhitung jumlahnya. Salah satu di kawasan Mangga Besar yang kita kenal sebagai surga kuliner. Semakin malam, area ini semakin dipadati oleh pengunjung.



Sebelum hendak kesana, aku sudah menentukan pilihan tempat makan yang akan aku kunjungi untuk makan malam. Sesuai dengan namanya, Tio Ciu 78, tentunya kalian sudah tahu kalau ini adalah restoran chinese. Hal pertama yang perlu diketahui bahwa rumah makan ini tidak disarankan untuk Muslim aku rasa dikarenakan adanya beberapa makanan yang tergolong non-halal ☺

Pada saat jam makan malam, seperti yang kubilang, area ini cukup ramai oleh pengujung termasuk Tio Ciu 78 ini. Tidak begitu paham apa maksud dari angka 78 tersebut. Namun sepengetahuanku, angka 7 dan 8 merupakan dua angka yang memiliki arti hoki dan makmur menurut kepercayaan Feng Shui. MEmang orang zaman dulu sering sekali menggunakan angka-angka yang dianggap bagus untuk menjadi sebuah brand atau nama.


Rumah makan termasuk sederhana dengan luas tempat yang cukup kecil dengan kapasitas 20an. Rumah makan tampak sibuk sekali dengan pengunjung yang tidak hentinya masuk. Untungnya aku tidak menunggu lama pada antrian dan aku sudah order terlebih dahulu sebelum menempati tempat duduk.

Dikarenakan pengunjung yang padat, butuh waktu yang cukup lama untuk mereka menyajikan makanan. Tapi menurutku masih bisa dimaklumi. Setiap porsi makanan yang disajikan dengan porsi yang cukup besar yang memang lebih cocok untuk dibagi bersama dengan orang lain termasuk dengan porsi nasi putihnya.


Menurutku secara bumbu, rasa makanan yang disajikan lezat. Setiap makanan memberikan cita rasa lokal dari suatu daerah di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Tio Ciu merupakan salah satu bahasa lokal Chinese yang banyak digunakan di daerah Kalimantan & Sumatra. Dan biasanya daerah tertentu terkenal dengan masakan Chinese yang memiliki cita rasa bumbu yang unik.


Namun sayangnya ada sedikit masalah seperti pada tekstur ngohiong yang terlampau lembek atau seperti ayam goreng kering yang menurutku tepungnya terlalu tebal. Yang menjadi favoritku yaitu sayur fumak cah bawang putihnya. Rasa sayuran dengan pahit yang khas dipadu dengan saus tiram yang gurih.

Untuk harga yang ditawarkan tentunya pas di kantong. Dengan porsi yang besar menurutku ini salah satu tempat makan keluarga yang ekonomis. Memang pelayanan tidak menyerupai restoran berbintang, namun staff tampak sigap dan melayani pelanggan secepat mungkin sehingga tidak menunggu lama.

Tio Ciu 78,
Jl. Mangga Besar Raya No. 78C, Mangga Besar, Jakarta Barat
Tel: +6221 6263672

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…

Cork & Screw Country Club, Senayan, Jakarta Selatan

Bahasa l Inggris

Di kuartal terakhir tahun 2018 ini, Union Group kembali menghadirkan salah satu flagship restoran-nya, Cork & Screw Country Club. Sedikit berbeda dengan Cork & Screw yang telah ada sebelumnya di Plaza Indonesia & Pacific Place. Sesuai namanya, disini merupakan tempat untuk pengunjung bisa berkumpul, bersantai dan sedikit berolahraga. Memasuki tempat ini, pengunjung akan disambut dengan suasana restoran yang semi outdoor, dilengkapi dengan bar yang cantik, area yang luas, tersedia area dining dengan meja makan baik di bagian indoor maupun outdoor. Lalu terdapat pula area sofa yang cocok sekali untuk waktu bersantai. Hanya saja masalah banyaknya lalat di sekitar restoran menjadi hal yang patut diperhatikan oleh Cork & Screw.
Di area belakang restoran, pengunjung akan dibawa menuju ke Bali. Di sini ada kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau biasanya sebagai tempat pool party serta sun bed untuk bersantai di depannya. Suasana yang selama ini seringkali…