Langsung ke konten utama

Tugu Kuntskring Paleis, Menteng, Jakarta Pusat

Tersedia dalam bahasa Inggris: http://www.foodioz.com/2017/02/tugu-kunstkring-paleis-menteng-central.html

Matahari mulai terbenam, jumpa kembali dengan malam dan lampu mulai dinyalakan. Lahan hijau yang cukup luas terpapar di depan sebuah restoran dengan bangunan yang berciri khas kuno. Seketika aku langsung terpana dengan bagunan tersebut dimana infrastrukturnya menggambarkan bangunan peninggalan zaman pejajahan Belanda.



Melalui pintu setengah kaca yang cantik, aku disambut hangat oleh staff restoran yang ramah dan murah senyum. Memasukin ruangan depan, aku langsung terpesona dengan interior dan segala properti yang ada. Warna-warna yang berpadu dengan ciri khas klasik serta memberika kesan kemewahan pada zaman dulunya.



Memang Tugu Kunstkring ini baru ada sekitar beberapa tahun ini, namun untuk bangunan itu sendiri sudah berdiri sejak dulu kala  sebagai tempat pagelaran kesenian pada zaman itu dan terdapat banyak cerita sejarah yang sudah pernah berlangsung di dalam tempat ini. Memasuki ruang makan yang luas, dengan lampu yang remang-remang, dari lampu, kursi, meja, lukisan hingga pilar-pilar yang menghiasi sisi ruangan.




Seluruh isi ruangan di restoran ini mencirikan arsitektur klasik yang membawa kita ke zaman dulu kolonial Belanda. Selain itu kita bisa melihat lukisan-lukisan yang mengilustrasikan bagaimana kejadian pada saat zaman penjajahan Belanda serta bagaimana Bataviasche Kunstkring ini menjadi saksi bisu selama 100 tahun lebih. Tentunya menu yang ditawarkan juga mengikuti konsep yang sesuai, makanan-makanan spesial dari Tugu Kunstkring yang menawakan menu khas Asia, Western dan Indonesia pastinya.



Namun uniknya kita tidak sekedar diajak menikmati makanan Indonesia, tetapi bagaimana masakan Jakarta pada saat zaman Batavia tempo dulu. Makanan dengan perpaduan gaya Indonesia dan Belanda sehingga nama-nama yang tertera pada menupun menggunakan bahasa Belanda.



Aku bisa mengatakan bahwa setiap makanan yang disajikan memiliki presentasi yang eksklusif dan menarik. Dengan konsep menu yang baik, tentunya mereka juga menyajikan kesempurnaan bahan yang tepat untuk membuat makanan yang lezat.

Aku memesan dua hidangan khas Batavia yang menjadi salah satu menu spesial yang ada di restoran ini. Salah satu makanan yang mesti dicoba yaitu Indonesische Biefstuk van Mevrouw Sonya Lee yang merupakan steak tenderloin yang disajikan bersama dengan potato gratin, sayuran dan baby tomato. Sesaat disajikan, aroma yang begitu kuat sangat menggoda sekali.



Warna daging merah sempurna dan tekstur empuk serta juicy. Setiap potongan tentunya memberikan sensasi yang menakjubkan di lidah. Disertai dengan bumbu yang gurih memberikan rasa yang sempurna.

Aku bisa memastikan makanan yang disajikan disini tentunya dibuat dengan bahan-bahan yang berkualits dan standar cita rasa yang tinggi. Selain itu juga menyajikan makanan dengan presentasi yang cantik untuk dilihat maupun difoto.



Tidak lupa, melengkapi pengalaman makan malam yang menakjubkan tentunya ditemani dengan pelayanan yang super ramah dan baik. Setelah makan, aku bahkan diajak seorang staff untuk berkeliling ke seluruh bagian dari bangunan tersebut yang memiliki beberapa lantai.




Terdapat beberapa ruangan privat yang dimulai dari muatan 4-20 orang. Setiap ruangan memiliki nuansa yang sama namun dengan konsep dan aksesoris ruangan yang berbeda. Terdapat juga ballroom yang cukup menampung sekitar 50 orang yang biasanya digunakan untuk event.



Keseluruhan pengalamanku makan malam disini sungguh menakjubkan, makanan yang lezat, tempat yang mempesona dan pelayanan yang ramah memberikan kepuasan yang menyenangkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…

Cork & Screw Country Club, Senayan, Jakarta Selatan

Bahasa l Inggris

Di kuartal terakhir tahun 2018 ini, Union Group kembali menghadirkan salah satu flagship restoran-nya, Cork & Screw Country Club. Sedikit berbeda dengan Cork & Screw yang telah ada sebelumnya di Plaza Indonesia & Pacific Place. Sesuai namanya, disini merupakan tempat untuk pengunjung bisa berkumpul, bersantai dan sedikit berolahraga. Memasuki tempat ini, pengunjung akan disambut dengan suasana restoran yang semi outdoor, dilengkapi dengan bar yang cantik, area yang luas, tersedia area dining dengan meja makan baik di bagian indoor maupun outdoor. Lalu terdapat pula area sofa yang cocok sekali untuk waktu bersantai. Hanya saja masalah banyaknya lalat di sekitar restoran menjadi hal yang patut diperhatikan oleh Cork & Screw.
Di area belakang restoran, pengunjung akan dibawa menuju ke Bali. Di sini ada kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau biasanya sebagai tempat pool party serta sun bed untuk bersantai di depannya. Suasana yang selama ini seringkali…