Langsung ke konten utama

Baguette & Rendang, IFI Indonesia, Jakarta

Bahasa l English

Membicarakan baguette atau rendang tentu sudah familiar bagi Jakarta community. Kali ini aku mau membahas mengenai dua filosofi dan cerita dari dua hidangan ini. Tentunya kedua makanan ini berasal dan memiliki kebudayaan yang berbeda. Baguette berasal dari Perancis, walaupun sampai saat ini masih diperdebatkan bagaimana asal muasal roti ini, namun baguette memang menjadi salah satu makanan pokok orang Perancis.

Behubung sejarah cukup panjang, jadi aku lewatin dulu ya. Langsung ke beberapa jenis baguette biar kalian tahu apa sih perbedaan roti yang panjang ukurannya ini. Walaupun secara bentuk dan ukuran tampak mirip namun perlu diperhatikan beberapa baguette memiliki perbedaan teksture, campuran bahan, hingga aromanya. Beberapa kategori berikut:

1. The Baguette Ordinaire
Ini salah satu golongan baguette yang bisa dibilang murah merupakan opsi terjangkau. Mudah ditemukan dimana-mana dan biasanya memiliki tekstur yang sangat renyah, berongga banyak dan biasanya hanya seharga € 1. 

2. The Baguette Traditionelle
Ini kategori di atas ordinaire yang biasanya adonan dibentuk menggunaan tangan, telihat di bagian ujung roti dengan benjolan yang lancip. Harga baguette ini biasanya sedikit lebih mahal daripada yang ordinaire, beberapa bakery biasanya menamai baguette tradition mereka dengan nama toko.

3. Flute
Ada pula nama baguette yang terinspirasi dari alat musik, sesuai dengan namanya bentuk baguette ini lebih panjang dibandingkan baguette biasanya. Di beberapa wilayah, baguette ini bahkan lebih ramping.

4. Ficelle
Dalam bahasa Prancis berarti kabel. Baguette yang sangat ramping dan biasanya diolah bersama dengan biji-bijian atau gandum dan biasanya mengandung serat yang lebih banyak.

5. Ada pula roti tradisional Prancis seperti Pain De Campagne. Roti dengan ketebalan yang lebih keras, lebih panjang daripada baguette. Diolah dari campuran tepung roti dan gandum dan biasanya disajikan bersama dengan irisan daging, keju, dan soup.

6. Pain Complet
Terbuat dari 100% gandum dan biasanya ada dua jenis yaitu Pain De Seigle dari gandum hitam dan Pain Au Levain adalah roti soudough.

Lalu bagaimana dengan rendang, kalau ini sudah pasti tahu dong. Rendang ini berasala dari kata "merandang" yang artinya pelan-pelang selayaknya memasak rendang yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Asal muasal rendang dari Minangkabau, Sumatera Barat. Informasi yang beredar, banyak orang dari sana membawa warisan kuliner ini hingga ke negeri jiran, Malaysia. Pada dasarnya rendang menggunakan daging sapi, namun di zaman sekarang ini juga tersedia rendang dengan daging kambing, bebek maupun ayam.

Di acara workshop ini Chef William Wongso menggabungkan kedua hidangan dari Prancis dan Indonesia menjadi paduan yang tepat. Roti baguette dengan topping rendang, sudha kebayang kan gimana enaknya. Di Indonesia kita memang tidak terlalu memperhatikan sampai sedetail ini ya. Tetapi memang orang Prancis baguette telah menjadi salab satu makanan pokok sejak dulu kala sebaliknya makanan pokok kita adalah nasi. IFI Kitchen Lab bisa menjadi sarana untuk kamu yang tertarik mempelajari berbagai makanan dari kebudayaan Prancis, tidak hanya itu tetapi juga meliputi aneka bahan lokal Indonesia yang bisa menjadi kombinasi menarik. Untuk info lebih jelas kalian bisa cek IG Ifi_Indonesia.

Institut Français Indonesia,
Jl. M.H. Thamrin No. 20, Jakarta Pusat
Tel: +6221 2355 7900

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

5 Kuliner Macau Wajib Dicoba, Macau

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Mengunjungi kota Macau merupakan salah satu aktifitas favorit yang sering dilakukan ketika orang-orrang berlibur ke Hong Kong. Kota ini terkenal dengan artsitektur klasik bergaya Portugis memberikan kesan yang menarik dan menjadi destinasi foto yang ramai sekali. Selain itu kota ini juga dipenuhi dengan kasino dan hotel yang besar dan gemerlap. Tentu saja akan sayang dilewatkan wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas Macau yang otentik. Berikut 5 jenis makanan yang patut kamu coba jika berkunjung kesini. Sedikit cita rasa yang berbeda bisa menjadi referensi travel kamu selama disini.
1. Yee Shun Milk Company Sebenarnya kita bisa menemukan kuliner ini di Hong Kong, namun tidak kalah, Yee Shun Milk Company ini juga menjadi bintang di kota Macau. Spesialis dengan puding susu yang klasik. Sedikit berbeda dengan yang kucoba di salah satu restoran Hong Kong, dimana teksturnya lebih cair, sedangkan disini memiliki tekstur yang lebih padat dan tid…

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…