Langsung ke konten utama

Fu He Hui 福和慧, Shanghai, China

Bahasa l Inggris

Shanghai adalah sebuah kota modern di Tiongkok yang patut dikunjungi. Dengan infrastruktur dan fasilitas kota yang memadai sehingga membuat perjalanan kita semakin nyaman. Selain itu kota ini tergolong cukup bersih dan kunjunganku pada saat musim dingin sehingga tidak ada polusi. Hanya saja walaupun termasuk kota modern, sedikit usaha untuk kamu yang tidak fasih berbahasa mandarin dimana orang-orang jarang bisa berbahasa Inggris disini.
Di liburan ini aku mengunjungi sebuah restoran Michelin Star yang unik. Fu He Hui 福和慧 adalah sebuah restoran fine dining dengan menu vegetarian yang menarik. Saat ini Fu He Hui juga terdaftar dalam Asia's 50 Best Restaurant sungguh pencapaian yang mengagumkan. Restoran ini akan memberikan pengalaman menikmati kuliner vegetarian yang menakjubkan.
Fu He Hui berarti keberuntungan dan kecerdasan, dengan interior yang elegan, warna-warna earth seperti cokelat dan abu-abu mendominasi restoran ini. Terdapat beberapa ornamen peninggalan dari dinasti Qing dan Ming sehingga memberikan sentuhan yang cantik. Setiap pengunjung akan dipersilahkan memasuki private room yang terdiri dari 11 ruangan disini. Apabila kalian datang dengan jumlah yang ramai maka tersedia ruang utama dengan kapasitas yang lebih besar.
Disini hanya tersedia set menu tanpa ala carte. Harga kisaran per orangnya mulai dari RMB 580 - RMB 780 sekitar Rp 1.200.000 hingga Rp 1.800.000 per set menu. Kali ini aku memilih menu Small Delicacies yang terdiri dari 8 jenis hidangan. Menu pertama dimulai dari Avocado. Sajian avocado yang diolah bersama dengan tomat, mangga dan disajikan di dengan waffle cone yang garing. Rasa segar dan khas alpukat yang lezat sungguh meningkatkan selera makan.
Hidangan kedua, Lotus Fungus. Sajian soup olahan jamur, disajikan dengan  baby corn, black medlar dan vegetarian consommé. Soup bening yang segar dan light terasa sangat lezat disertai tekstur corn dan medlar yang memberikan sensasi garing pada setiap gigitan.
Sajian ketiga, Eggplant. Terdengar menu yang sangat simple alias terong. Namun presentasi yang cukup berbeda. Terong dengan tekstur yang garing diluar dan lembut di dalam dibalut dengan saus teriyaki yang amat gurih lalu disajikan dengan lotus root dengan pola yang cantik dan gorgon fruit menambah sensasi rasa yang berbeda. 
Kemudian ada Yam, atau yang lebih dikenal dengan olahan ubi. Paduan warna putih dan ungu yang cantik disajikan dengan termite mushroom dan soy yang memberi rasa gurih. Yam yang lembut sunggu memberikan sensasi yang menyenangkan ketika menyantapnya. Selain itu juga memiliki rasa manis yang tidak berlebihan.
Dilanjutkan dengan Morels, hidangan berikutnya. Potongan jamur morel dengan tekstur yang unik dan pola kerutan di keseluruhan jamur. Dipadu dengan jianbing, potongan melon dan celery. Hidangan yang cukup unik, tekstur merlons yang kenyal dan rasa segar dari elemen lainnya membuat hidangan ini sangat lezat.
Hidangan berikutnya adalah Carrot, terdengar sangat simple tapi perlu aku info kalau hidangan ini tidak kalah lezat. Olahan wortel seperti bubur dipadu dengan kentang, lalu rebung dan balsamic pearl yang memberikan perpaduan rasa yang unik. Setelah itu dilanjutkan dengan Spring Roll Cake, olahan jamur Bai ling yang dibuat seolah seperti daging ikan, dibalut dengan kulit tahu garing lalu disajikan dengan ketimun dan soy bean paste yang menambah rasa gurih.
Terakhir adalah hidangan dessert, Green Pea. Ini adalah hidangan yang sangat cantik. Dengan gelas bening tersaji es krim matcha dan mint oil sehingga menghasilkan aroma yang harum. Lalu terpisah ada pula Mung Bean cake, pastry yang terbuat dari kacang hijau dengan tekstur yang lembut dan rasa manis yang pas.
Pengalamanku makan siang disini terasa sungguh menakjubkan. Suasana yang elegan dan klasik berpadu dengan sempurna, sajian hidangan vegetarian yang tidak hanya enak namun juga presentasi penyajian yang begitu indah. Memang tidak diragukan Fu He Hui dengan standar Michelin Star, ini tentu menjadi rekomendasiku ketika kamu berkunjung ke Shanghai.

Fu He Hui 福和慧,
838 Jiangning Rd, Jingan Qu, Shanghai Shi, China,
Tel: +86 21 6298 9181

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

5 Kuliner Macau Wajib Dicoba, Macau

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Mengunjungi kota Macau merupakan salah satu aktifitas favorit yang sering dilakukan ketika orang-orrang berlibur ke Hong Kong. Kota ini terkenal dengan artsitektur klasik bergaya Portugis memberikan kesan yang menarik dan menjadi destinasi foto yang ramai sekali. Selain itu kota ini juga dipenuhi dengan kasino dan hotel yang besar dan gemerlap. Tentu saja akan sayang dilewatkan wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas Macau yang otentik. Berikut 5 jenis makanan yang patut kamu coba jika berkunjung kesini. Sedikit cita rasa yang berbeda bisa menjadi referensi travel kamu selama disini.
1. Yee Shun Milk Company Sebenarnya kita bisa menemukan kuliner ini di Hong Kong, namun tidak kalah, Yee Shun Milk Company ini juga menjadi bintang di kota Macau. Spesialis dengan puding susu yang klasik. Sedikit berbeda dengan yang kucoba di salah satu restoran Hong Kong, dimana teksturnya lebih cair, sedangkan disini memiliki tekstur yang lebih padat dan tid…

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…