Langsung ke konten utama

The Song Of India, 33 Scotts Rd, Singapore

Bahasa l Inggris

Singapura selalu menjadi destinasi favorit untuk mencari aneka kuliner dari mancanegara. Di akhir pekan kemarin aku mengunjungi sebuah restoran Michelin Star di kawasan Scotts Rd, Singapura. The Song Of India menjadi rekomendasi restoran India yang patut dikunjungi ketika berlibur di Singapura.
Konsep restoran fine dining dengan tempat yang elegan tampak jelas ketika baru memasuki restoran. Melewati lorong yang terbuat dari pilar material kayu dan dikelilingi tanaman hijau yang rindang. Naik tangga beberapa langkah memasuki restoran, kita akan menjumpai ornamen-ornamen khas India yang dominan di beberapa sisi.
Suasana di malam hari agak remang-remang mengingat konsep dari makan malam yang eksklusif. Terdapat susunan wine yang cukup banyak di lemari pendingin. Di tengah ruangan kita akan melihat lampu kristal yang digantung menjadi pusat perhatian di restoran ini. Ruang yang cukup luas dan dilengkapi dengan dua ruang private dengan kapasitas max 20 orang.
Kali ini aku disuguhkan dengan set menu bertajuk "Journey Through India" yang tersedia dengan dua pilihan vegetarian dan non-vegetarian. Menu yang disajikan pertama yaitu Tempered Chicken & Almond Soup, soup dengan tekstur yang pekat, rasa creamy yang pas dan aroma yang harum. Lalu dilengkapi dengan herbed crouton stick yang garing.
Menu kedua dengan presentasi yang cantik, Mustard Enchanced Smoked Salmon & Tandoori Chicken. Sepotong salmon dan ayam yang dibalut dengan rempah dan bumbu khas India menghasilkan warna yang mencolok dan aroma yang harum. Disajikan bersama dengan beberapa elemen sauce yang warna-warni memberikan sentuhan yang cantik. Kedua daging salmon dan ayam memiliki tekstur yang super lembut dan bumbu yang meresap dengan sempurna.
Sebelum memasuki menu utama, aku disajikan dengan Lime Sorbet untuk neutralize lidah setelah menikmati hidangan dengan rasa yang kuat. Lime sorbet yang dingin dengan rasa yang segar, dan uniknya dipadu dengan rasa truffle yang memberikan aroma menggoda. Selain itu, kandungan manisnya sangat pas.
Menu menakjubkan berikutnya adalah Art Platter, hidangan utama dengan presentasi yang cantik dan porsi penyajian yang banyak. Terdiri dari Coastal Prawn Curry from The Malabar Coast, udang yang diolah dengan curry yang berwarna gelap pekat dan memiliki rasa yang cukup pedas dan asin. Lalu ada Bhuna Lamb Ghosts from Hyderabad, sajian daging domba kambing dengan curry yang lebih pekat namun tidak pedas dan memiliki rasa yang gurih.
Dumpukht Chicken in Potli Masala from Lucknow, daging ayam yang disajikan dengan curry dengan warna yang lebih cerah, rasa gurih dari santan namun lebih light dibanding curry lainnya. Lalu Garlic Enchanced Spinach & Cottage Cheese from Punjabi, keju dengan bentuk kotak ukuran kecil dipadu curry dengan warna orange yang pekat dan rasa yang manis. Hidangan terakhir yaitu Black Lentil Delicacy from Uttar Pradesh, sejenis kacang lunak yang dimasak dengan curry yang juga pekat, tekstur lentil yang lembut terasa sangat gurih.
Setiap curry yang disajikan memiliki warna kepekatan yang berbeda dan rasa yang variatif. Hindangan ini lengkap dengan Saffron Basmati Rice yang memiliki warna kuning cerah dan cantik serta aroma yang harum. Hidangan penutup yang menarik disini yaitu Alphonso Mango Kulfi & Gulab Jamun, hidangan puding yang terbuat dari beet root sehingga menghasilkan warna ungu yang pekat, aroma yang unik dan rasa yang enak. Dipadu dengan es potong mangga  yang segar menghasilkan harmoni rasa yang pas. Selain itu juga lengkap dengan beberapa buah yang memberikan keseimbangan rasa.
Pengalaman makan malam di The Song Of India menjadi moment yang sangat menyenangkan. Tempat yang elegan dan hidangan India yang berkelas memang pantas membuat The Song Of India mendapatkan penghargaan sebagai restoran Michelin Star. Untuk pengalaman yang sempurna, anda bisa menikmati makan malam dengan pilihan wine yang memberikan sensasi menyenangkan.

The Song Of India,
33 Scotts Rd, Singapore, 228226
Tel: +65 6836 0055

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

5 Kuliner Macau Wajib Dicoba, Macau

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Mengunjungi kota Macau merupakan salah satu aktifitas favorit yang sering dilakukan ketika orang-orrang berlibur ke Hong Kong. Kota ini terkenal dengan artsitektur klasik bergaya Portugis memberikan kesan yang menarik dan menjadi destinasi foto yang ramai sekali. Selain itu kota ini juga dipenuhi dengan kasino dan hotel yang besar dan gemerlap. Tentu saja akan sayang dilewatkan wisata kuliner dengan aneka macam makanan khas Macau yang otentik. Berikut 5 jenis makanan yang patut kamu coba jika berkunjung kesini. Sedikit cita rasa yang berbeda bisa menjadi referensi travel kamu selama disini.
1. Yee Shun Milk Company Sebenarnya kita bisa menemukan kuliner ini di Hong Kong, namun tidak kalah, Yee Shun Milk Company ini juga menjadi bintang di kota Macau. Spesialis dengan puding susu yang klasik. Sedikit berbeda dengan yang kucoba di salah satu restoran Hong Kong, dimana teksturnya lebih cair, sedangkan disini memiliki tekstur yang lebih padat dan tid…

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…