Langsung ke konten utama

Perjalanan Kuliner Pulau Belitung, Indonesia

Bahasa l English

Cukup lama menetap di Jakarta tentu membuat rasa ingin pulang ke kampung halaman itu selalu ada. Di liburan yang cukup panjang dalam moment Lebaran kemarin cukup menyenangkan. Di sela waktu itu aku memanfaatkan kesempatan untuk kembali ke pulau batu satam ini. Selain pantainya, Belitung juga terkenal dengan aneka kuliner lokal yang menarik. Tidak hanya seafood, tapi ada pula aneka makanan khas yang wajib masuk ke daftar wisata kuliner kamu kesini. Berikut beberapa makanan yang bisa kamu cicipi ketika berlibur ke Belitung:

1. Bakmi Belitung

Di zaman sekolah dulu seingatku bakmi ini hanya ada satu outlet yang populer. Namun sekarang ini ternyata sudah ada beberapa outlet yang juga menjual bakmi belitung yang khas ini. Berbeda dengan bakmi yang biasanya ada di Jakarta, bakmi disini disajikan dengan kuah kental campuran sagu, lalu mentimun, beberapa ebi sehingga menambah rasa yang khas. Rasa manis gurih semakin tambah nikmati disantap bersama emping yang garing. Harga untuk bakmi tergolong murah, hanya berkisar antara Rp 15.000 - Rp 25.000 saja.

2. Yamien Achoi

Ini salah satu mie non-halal yang paling populer di Belitung. Jangan kaget ya ketika kesini akan selalu terlihat pengunjung yang ramai sehingga kalian perlu antri untuk mendapatkan tempat duduk. Bahkan kadang kalian akan kehabisan ketika sampai disana pada saat jam makan siang. Bakmi ala Chinese dengan daging babi cincang ini patut diacungi jempol. Beroperasi lebih dari 40 tahun dari outlet yang kecil hingga lebih besar sekarang namun tetap mempertahankan sisi sederhana. Yang jelas buat kalian pecinta bakmi, ini dijamin bikin ketagihan. Ditambah pula kalian bisa menikmati kuah baso ikan dengan kualitas homemade yang lezat.

3. Seafood

Karena pulau Belitung terkenal dengan pantainya, sudah pasti dong seafood menjadi salah satu sumber daya utama di pulau ini. Pantai Tanjung Tinggi atau Tanjung Kelayang bisa menjadi opsi buat kalian kunjungi. Di setiap pantai ini terdapat banyak area rumah makan di tepi pantai yang tentu dengan kualitas ikan segar. Kalian bisa memilih langsung ikan yang ingin dipesan sesuai dengan jenis, ukuran dan cara penyajiannya dibakar bumbu, kecap dan lainnya. Perlu kalian tahu sih, berhubung area ini menjadi destinasi turis yang populer sehingga harga yang ditawarkan tergolong tinggi seperti area turis lainnya. Disarankan kamu mengecek harga dulu ya sebelum order.

4. Juhi Panggang

Untuk beberapa orang mungkin akan tidak menyukai hidangan ini dikarenakan aromanya yang kuat dan khas sama seperti aroma terasi dikeringkan Cumi yang dipanggang lalu dipukul layaknya seperti dendeng sehingga menjadi tipis. Dengan bumbu seadanya, dikarenakan aroma dari cumi sendiri sudah sangat dominan. Tekstur yang kering dan agak sedikit alot memang menjadi ciri khas hidangan ini. Dinikmati bersama dengan campuran saus asam, gula merah untuk menyeimbangkan rasa.

5. Nyuk Piang

Bisa dibilang hidangan ini tidak tersedia di restoran atau rumah makan di Belitung. Namun jika kalian bertanya pada orang lokal, tentu akan tahu dengan hidangan rumahan ini. Begitu pula di keluargaku, hidangan ini menjadi makanan sehari-hari. Olahan daging babi cincang yang di-steam bersama dengan sayur asin. Aroma yang harum, lemak yang gurih dan paduan sayur asin sehingga memperkuat rasa. Hidangan ini selalu bikin aku kangen dengan rumah dan cocok sekali dinikmati bersama dengan nasi putih.

Sekian beberapa rekomendasi kuliner di Belitung, sebenarnya masih cukup banyak sih makanan lainnya disini seperti, es cigoos, otak-otak, keripik sukun dan masih banyak lainnya. Beberapa makanan Sumatra juga ada, mungkin dengan penampilan yang similar namun rasa yang berbeda. 3 atau 4 hari saja cukup buat kalian wisata di Belitung, pulau yang tidak terlalu besar sehingga tidak memakan waktu lama untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Ayo saatnya ke Belitung!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

The Chinese Indian Appetite

Bahasa l English Kisah unik kali ini ketika aku berkunjung ke sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Golden Joy ini merupakan sebuah restoran keluarga dengan konsep Chinese Indian. Well, tidak disangka sang pemilik dari restoran ini ternyata berasal dari India namun keturunan Tiongkok. Terlihat wajah Asia oriental namun bisa berbahasa India dengan lancar. Interior restoran dengan oriental dan sentuhan warna merah atau gold yang identik dengan budaya Chinese. Kapasitas restoran cukup besar dari ruang indoor dengan meja bundar, area outdoor dan 2 ruang VIP. Tentunya ini restoran yang rekomendasi sekali untuk merayakan acara. Sesuai konsep, Golden Joy menawarkan aneka hidangan Chinese yang sebenarnya cukup familiar. Namun jika diperhatikan banyak hidangan yang menggunakan rempah dan bumbu khas India. Salah satu menu highlight seperti Manchurian Gobi. Jadi ini merupakan hidangan vegetarian ala India. Menggunakan kembang kol yang dimasak dengan rempah dan bumbu seperti bawang, jahe, k