Langsung ke konten utama

This is Nusantara, JCF 2019, Jakarta

Bahasa l English

Jakarta Culinary Feastival memang menjadi salah satu event kuliner terbesar di Jakarta yang selalu mengundang antusias yang besar bagi Jakarta community. Jakarta Culinary Feastival atau JCF 2019 ini selalu diadakan di area Senayan City Jakarta. Terbagi dua area yakni Fork Tent dan Spoon Tent. Di festival ini tersedia berbagai tenant kuliner dari lokal hingga internasional.
Selain itu pengunjung juga bisa jajan sepuasnya di Go-Food Festival yang juga tersedia disini dengan aneka sajian lokal dan harga terjangkau. Disini aku ingin menceritakan pengalaman Chef's Table yang menjadi salah satu aktifitas yang menarik. Pengunjung bisa bertemu langsung dengan chef ahli baik nasional maupun internasional. Menikmati langsung makanan yang disajikan oleh chef dengan dekorasi ruangan yang private.

Kali ini untuk kedua kalinya aku berkesempatan mengikuti Chef's Table bersama chef Fernando Sindu dan Charins Chang dengan tema "This is Nusantara" Sesuai dengan namanya, aneka hidangan yang disajikan berupa makanan Indonesia dengan modifikasi presentasi namun tetap menyajikan cita rasa otentik.
Dimulai dari beberapa snack atau cemilan kecil seperti Tempeh, terdengar sangat simple, namun cukup unik tempe disajikan di atas kerupuk, lalu ada soy bean hummus yang harum, balado gel yang gurih menciptakan kombinasi yang lezat. Ada pula Satay Marangi khas Jawa Barat, namun unik dimana sate daging sapi ditaburi dengan nasi kriuk seperti cereal, lalu saus kacang dan acar seolah seperti menikmati sate lengkap bersama dengan nasi. Hidangan snack tak kalah menarik, Tulang Sum Sum, sajian sum sum diolah bersama dengan saus Padang, lalu bawang goreng dan serundeng sehingga harum dan terasa gurih.

Untuk hidangan utama ada Ikan Woku, makanan khas Manado namun dengan presentasi yang elegan. Potongan pan-seared fish disajikan di atas bakwan jagung yang dimodifikasi, lalu kuah kuning dengan aroma kalamansi yang segar dan ditambahkan kerupuk kemangi. Lalu ada Iga Bakar, hidangan ini benar-benar menggugah selera. Potongan daging sapi yang diproses dengan waktu yang lama sehingga menghasilkan tekstur yang super lembut, lalu disajikan dengan tiwul khas wonogiri tapi disajikan dalam bentuk yang modern, ada sayur singkong yang dibentuk seperti bola kecil dan saus kluwek yang memiliki aroma khas.

Untuk hidangan dessert, chef Charins Chang memang ahlinya. Kuehs of Indonesia ini terinspirasi dari berbagai hidangan manis di daerah Indonesia. Setiap daerah memang memiliki karakter dan cita rasa hidangan yang berbeda. Sajian yang menakjubkan, peta Indonesia yang tergambar dengan jelas dengan 5 jenis kue sesuai dengan letak daerahnya. Berikut detailnya

1. White Gold Sphere
Kue bika ambon dengan mousse keju dan crumble. Terus terang, kue bika ambon ini salah satu favoritku nih. Walaupun bentuknya berbeda tetapi rasanya memang sangat mirip dengan bika ambon aslinya.

2. Choux Ball
Inspirasi dari kue seri muka khas Kalimantan. Selayaknya seperti kue biasanya tapi dengan bentuk bulat, teksturnya lembut dan ada filling cream yang memberikan sensasi berbeda.

3. Pink Ball
Ini es doger lho! es krim cocopandan lalu ada tape ketan hitam di dalamnya dan ga lupa kelapa juga pandan cake. Rasanya benar-benar seperti kombinasi es doger!

4. Brown Sphere
Cita rasa putu cangkir nih khas Makassar. Es krim kelapa dibalut dengan brown cake yang di-roll dan memiliki tekstur seperti mochi.

5. Yellow Ball
Kalau yang ini inspirasi dari dessert khas Papua, Sasak. Tetapi setahuku di Lombok juga ada yang similar seperti ini yang berbahan dasar pisang lalu dibalut dengan cream kelapa dan dilengkapi dengan meringue kelapa.

Pengalaman Chef's Table ini tentu berkesan. Sesuai dengan konsep This Is Nusantara, setiap sajian memberikan sensasi cita rasa yang khas nusantara. Dengan rekonstruksi yang tepat dan pengolahan yang baik sehingga menghasilkan karya makanan yang modern dan menarik. Buat kalian yang tahun ini belum kesampaian buat mampir ke Chef's Table, tenang aja. Tahun depan semoga akan ada lagi dan kalian bisa ikutan. Ikutin update event Jakarta Culinari Festival di IG:Foodioz ya.

Jakarta Culinary Feastival 2019,
Senayan City, Jakarta Selatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris: Klik Disini

Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi dengan pengalaman …

No.11, Sopo Del Building, Jakarta

Bahasa l Inggris

Menikmati malam sebuah bar menjadi pilihan yang diminati Jakarta society di kala melepas lelah setelah bekerja seharian dan menikmati waktu bersama teman-teman atau kerabat. Kali ini aku berkesempatan mengunjungi sebuah bar unik dan menawarkan konsep Jepan yang sangat menarik. No.11 yang terletak di area Kuningan menjadi pilihan tempat hang out baru yang patut kamu kunjungi. Dengan konsep hidden bar yang benar-benar tersembunyi, bahkan kamu akan memerlukan sedikit usaha untuk menemukan pintu masuk ke bar ini. Disini aku tidak akan menjelaskan bagaimana akses ke No.11, sesuai dengan namanya hidden bar maka akan jadi pengalaman yang menarik untuk kamu mencari No.11. Tipsnya bisa kamu temukan di Instagram No.11 terutama di story. Sesuai tema, maka kita akan menemukan aneka hidangan Jepan yang disajikan dengan presentasi modern & menarik. Sebagai menu appetiser, salad Jepang seperti Daikon Salad dan Wakame Salad akan menjadi pilihan yang tepat. Dengan bahan segar dan ele…

Cork & Screw Country Club, Senayan, Jakarta Selatan

Bahasa l Inggris

Di kuartal terakhir tahun 2018 ini, Union Group kembali menghadirkan salah satu flagship restoran-nya, Cork & Screw Country Club. Sedikit berbeda dengan Cork & Screw yang telah ada sebelumnya di Plaza Indonesia & Pacific Place. Sesuai namanya, disini merupakan tempat untuk pengunjung bisa berkumpul, bersantai dan sedikit berolahraga. Memasuki tempat ini, pengunjung akan disambut dengan suasana restoran yang semi outdoor, dilengkapi dengan bar yang cantik, area yang luas, tersedia area dining dengan meja makan baik di bagian indoor maupun outdoor. Lalu terdapat pula area sofa yang cocok sekali untuk waktu bersantai. Hanya saja masalah banyaknya lalat di sekitar restoran menjadi hal yang patut diperhatikan oleh Cork & Screw.
Di area belakang restoran, pengunjung akan dibawa menuju ke Bali. Di sini ada kolam yang bisa digunakan untuk berenang atau biasanya sebagai tempat pool party serta sun bed untuk bersantai di depannya. Suasana yang selama ini seringkali…