Langsung ke konten utama

Chim by Siam Wisdom, Bangkok, Thailand

Bahasa l Inggris

Natal merupakan salah satu moment dimana kita bisa menikmati makan malam spesial yang elegan. Di acara Natal 2017 kemarin, aku berkesempatan mengunjungi salah satu restoran Michelin di Bangkok, Thailand. Chim by Siam Wisdom ini meraih 1 bintang Michelin dengan konsep makanan otentik Thailand. Dari luar restoran tampak seperti rumah dengan elemen wooden berwarna cokelat pekat.
Pengunjung akan diantar ke lantai dua dengan area dining yang cukup luas, nuansa lokal yang dominan, terdapat banyak ornamen-ornamen ciri khas Thailand di sekitar ruangan. Disini aku bertemu dengan Chef Noom yang merupakan pemilik serta pengelola restoran ini. Di acara special Natal, mereka menyajikan set yang terdiri dari 6 menu dimulai dari amuse bouche hingga dessert.
Sesuai konsep fine dining, disini juga ditawarkan aneka wine pilihan untuk menemani makan malam. Begitu melihat menu yang tertera, tampak banyak sekali nama makanan yang akan disajikan dengan lebih dari 10 jenis nama yang ada. Ternyata setiap hidangan akan disajikan dengan beberapa jenis menu dengan porsi satu kali lahap saja.
Dimulai dari amuse bouche, ada Smoke Eggplant, Mee Grob dan Miang Kham. Ketiga jenis makanan klasik Thailand dengan presentasi modern yang kreatif terlihat menggoda sekali. Smoke eggplant dengan tekstur yang garing, begitu pula mee grob, sajian mie garing dengan Thai citron yang harum serta miang kham, hidangan appetizer dengan elemen variatif di dalam lembaran daun yang akan disantap bersamaan.
Setelah amuse bouche, dilanjutkan dengan starter. Penyajian makanan yang cantik dan artistik selalu tampak dari setiap hidangan. Pada menu ini terlihat terutama pada hidangan udang, Goong Sarong. Udang galah yang dibalut tepung dan digoreng, tekstur yang garing dan padat serta bumbu yang gurih. Lalu ada Gai Ko Rah, sate ayam dengan yang terinspirasi dari sate gaya Indonesia, disajikan dengan bumbu yang pedas. Tidak kalah menarik, Hoy Shell, sajian scallop yang menjadi favoritku dengan tekstur yang lembut dan juicy.
Setelah itu aku disajikan dengan salad, Goong Sa Err. Salad khas Thailand yang dibuat dari serutan kelapa sebagai bahan utama, lalu Thai citron yang memberi aroma harum dan potongan udang yang empuk. Ada pula sup tom yum, namun agak berbeda dengan yang biasa kita temukan sebelumnya. Dengan nama Tom Yum Plachon Bo-Larn, resep dari zaman dulu dengan sajian sup yang berwarna merah pekat, potongan daging ikan, asam dan manis berpadu menjadi satu dan pedas yang menggoyang lidah.
Setelah sup, saatnya untuk menu utama yang terdiri dari menu yang sangat banyak. Ada Rawang Nua Nong Lai, hidangan kari sapi yang warna kuning yang pekat, daging sapi berkualitas dengan tekstur yang empuk dan rasa yang meresap dengan sempurna. Sajian udang lainnya yaitu Chu Chee Goong Mae-Nahm, udang galah dengan saus kari yang berbeda dengan warna orange pekat, sama-sama gurih namun memiliki cita rasa yang berbeda.
Selain daging sapi dan udang, tentu ada pula sayuran yaitu Dok Khae. Sesban flower yang digoreng garing dengan terasi yang memiliki aroma yang khas. Tidak ketinggalan hidangan ikan yaitu Pla Jee Mun, ikan kakap putih yang dikukus dengan tamarind sauce yang segar dan Thai citron. Hidangan menu utama ini lengkap dengan nasi putih yang membuatku sangat kenyang sekali.
Untuk dessert, menu yang disajikan tidak lain adalah makanan populer di seluruh penjuru Thailand yaitu Mango Sticky Rice. Namun terlihat penampilan yang cukup berbeda sesuai dengan konsep fine dining, artistik dari sebuah makanan menjadi poin yang penting. Untuk bahan yang digunakan, sama seperti mango sticky rice pada umunya yaitu nasi ketan dan potongan magga segar. Tapi disini juga disajikan dengan coconut ice cream yang dingin dan memberikan cita rasa segar yang berbeda.
Pengalaman makan malam ini sangat memuaskan. Namun sesuai dengan kulitas tentu ada harga yang tinggi untuk set menu tersebut. Sekiranya THB 2,500 atau Rp 1,000,000++, konsep fine dining berkelas dengan aneka hidangan klasik Thailand yang khas dan tentu kualitas rasa chef profesional.

Chim by Siam Wisdom,
66 Soi Sukhumvit 31 Yaek 4, Vadhana, Krung Thep,
Tel: +66 2 260 7811

Komentar

  1. Numpang komentar ya gan,
    Saya ingin memberitahukan informasi mengenai tentang Ayam-ayaman.
    Bagi para Botoh pemula yang ingin belajar cara ternak ayam, merawat ayam, menjadi ayam lebih kuat.

    Anda Bisa Mengunjungi Artikel Sabung Ayam Dipersembahkan Oleh tajenonline.net

    Kesehatan Ayam Dengan Khasiat Manfaat Kunyit
    https://tajenonline.net/kesehatan-ayam-dengan-khasiat-manfaat-kunyit/

    Anda Juga Bisa Melakukan Chatting Langsung Di Whatsapp Kami +62-8122-222-995

    Terima Kasih Sudah Membaca Komentar Saya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motel Mexicola, Seminyak, Bali

Bahasa l Inggris Panas yang begitu terik tentu sangat familiar sekali di pulau Dewata. Bali merupakan salah satu destinasi liburan baik bagi turis lokal maupun asing dari zaman dulu hingga sekarang yang masih menjadi primadona wisata di Indonesia. Buat kamu yang berkesempatan mengunjungi Bali, tentunya sekarang ini tidak hanya pantai yang bisa menjadi tempat yang trend untuk kita datangi. Tetapi juga banyaknya restoran, cafe dan coffee shop yang beraneka ragam, modern dan tentunya kekinian. Motel Mexicola ini merupakan salah satu tempat yang instagramable untuk dikunjungi baik pada siang atau malam hari. Kebetulan siang hari menjelang sore aku berkesempatan mengunjungi tempat makan yang berwarna ini. Jalan menuju Motel Mexicola cukup kecil, dan tidak tersedia tempat parkir kendaraan di depan restoran ini. Sedikit info, kita akan diarahkan petugas setempat untuk memarkir kendaraan di dekat pantai dan berjalan kaki sekitar 5 menit ke Motel Mexicola. Dari luar tempa

Portable Grill & Shabu, Gading Serpong, Tangerang Selatan

Tersedia dalam bahasa Inggris:  Klik Disini Portable merupakan salah satu spot untuk menikmati shabu-shabu khas Jepang dengan pilihan daging yang berkualitas. Di akhir pekan kemarin, aku kembali meng-explore area Gading Serpong yang saat ini terdapat banyak restoran dan kafe dengan konsep yang mengagumkan. Sesuai informasi yang aku dapat, Portable hadir disini dengan konsep yang menakjubkan  dengan bangunan yang cukup besar untuk sebuah restoran. Portable mudah untuk ditemukan menggunakan map dan selain itu juga terlihat jelas dari jalan raya dengan papan nama yang besar lengkap dengan lampu. Begitu memasuki restoran, aku cukup terkesima dengan area restoran yang luas lalu interior yang terlihat eksklusif. Lengkap dengan sofa-sofa empuk, lalu area bar yang cantik dan area outdoor dengan sentuhan tanaman hijau yang mempesona dan lampu-lampu yang terang menghiasi di malam hari.  Chef Chandra Yudasswara merupakan chef yang berperan di portable, tidak perlu diragukankan lagi

The Chinese Indian Appetite

Bahasa l English Kisah unik kali ini ketika aku berkunjung ke sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan. Golden Joy ini merupakan sebuah restoran keluarga dengan konsep Chinese Indian. Well, tidak disangka sang pemilik dari restoran ini ternyata berasal dari India namun keturunan Tiongkok. Terlihat wajah Asia oriental namun bisa berbahasa India dengan lancar. Interior restoran dengan oriental dan sentuhan warna merah atau gold yang identik dengan budaya Chinese. Kapasitas restoran cukup besar dari ruang indoor dengan meja bundar, area outdoor dan 2 ruang VIP. Tentunya ini restoran yang rekomendasi sekali untuk merayakan acara. Sesuai konsep, Golden Joy menawarkan aneka hidangan Chinese yang sebenarnya cukup familiar. Namun jika diperhatikan banyak hidangan yang menggunakan rempah dan bumbu khas India. Salah satu menu highlight seperti Manchurian Gobi. Jadi ini merupakan hidangan vegetarian ala India. Menggunakan kembang kol yang dimasak dengan rempah dan bumbu seperti bawang, jahe, k